SPKKL Sambas Fasilitasi PKL Taruna Perikanan

SPKKL Sambas Fasilitasi PKL Taruna Perikanan Dok

SINARPAGINEWS.COM, SAMBAS - Dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, Bakamla RI turut memfasilitasi kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi pelajar, khususnya dalam ranah keamanan dan keselamatan laut.

Hal itu dibuktikan dengan paparan Kepala Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Bakamla RI Sambas Letkol Bakamla Arief Purwantono, S.E. saat memberikan materi terkait tugas dan fungsi Bakamla RI kepada taruna/taruni SMKN 1 Perikanan Pemangkat di ruang rapat SPKKL Sambas, Jl. Penjajap Timur, Kabupaten Sambas, Jumat (10/9/2021).

Para siswa jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi (TTT) ini, tidak hanya dibekali oleh tugas dan peran SPKKL Bakamla RI, namun juga diberikan pemahan lebih lanjut mengenai teknologi yang biasa digunakan di ranah keamanan dan keselamatan laut.

Mulai dari Automatic Identification System (AIS) yang wajib dimiliki oleh kapal yang hendak berlayar, para siswa juga diajak mendalami bagaimana cara pelacakan otomatis oleh pihak berwenang. Hal itu untuk menjaga kelancaran lalu lintas laut, dan memastikan legalitas kapal-kapal yang sedang berlayar.

Materi yang disampaikan dengan santai namun lugas oleh Lettu Bakamla Nur Rachman, S.Kom., cukup menarik perhatian para siswa. Selain terkait dengan kejurusan yang diambil, Sistem Peringatan Dini (SPD) Bakamla RI juga cukup menarik untuk dicermati.

Tidak ketinggalan, materi terkait Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) juga turut disampaikan. Karena hal tersebut merupakah salah satu kaidah yang harus ditaati dalam lalu lintas pelayaran.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar