SKD CASN Bakamla RI Tahap 3 Digelar di Manado

SKD CASN Bakamla RI Tahap 3 Digelar di Manado Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SULUT - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menggelar Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tahap ketiga bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di Manado, Sulawesi Utara, Senin (27/09/2021).

Menerapkan protokol kesehatan yang ketat, 120 orang CASN mengikuti tes SKD yang dibagi menjadi 3 sesi. Sebelumnya, seluruh peserta yang hadir sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi. SKD ini menggunakan metode yang sama dengan tes tahap satu di Jakarta dan dua di Batam, yaitu dengan metode Computer Assisted Test (CAT). Para peserta wajib menjawab 110 soal pertanyaan dalam waktu 100 menit yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dalam mengetahui hasil tes kali ini. Para peserta dapat memonitor hasil tes melalui akun Youtube Official CAT Badan Kepegawaian Negara (BKN), pada hari yang sama setelah mengikuti tes. Tidak lagi seperti tahun lalu yang menyaksikan pengumuman nilai SKD di melalui layar monitor di lokasi berlangsungnya SKD. Hal ini dimaksudkan untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan mengurangi kerumunan dalam waktu lama. Sehingga, setelah selesai menjalani tes, peserta dapat langsung meninggalkan tempat kegiatan.

Bagi peserta CASN yang dinyatakan lulus SKD, dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu tes Seleksi Kompentensi Bidang (SKB) yang terpusat di Jakarta.

Pada kesempatan ini, Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas yang diwakili oleh Kabagum Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Kolonel Bakamla Deddy Soeprapto, S.E., memberikan pengarahan kepada peserta tentang cara mengisi soal-soal dalam tes ini. Selain itu, diharap seluruh peserta harus selalu mawas diri. “Setelah melakukan tes, tetap selalu panjatkan doa, dan senantiasa menjaga keselamatan diri agar dapat melanjutkan tes di tahap selanjutnya”, ujar Kolonel Bakamla Deddy.

Kegiatan ini juga turut dipantau dan dipandu oleh perwakilan dari BKN.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar