Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Tatap Muka Bersama Para Tokoh Distrik Kanggime Papua

Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Tatap Muka Bersama Para Tokoh Distrik Kanggime Papua

PAPUA -  Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS didampingi Danpos Kanggime Letda Inf Totok beserta beberapa anggota melaksanakan pertemuan dan tatap muka bersama para Tokoh Agama, Adat dan Pemuda termasuk Aparat Pemerintah yang berada di wilayah Distrik Kanggime, Kabupaten Tolikara, Papua, Sabtu (02/10/2021).

Dalam pertemuan dengan para tokoh tersebut, banyak hal yang menjadi pertanyaan Dansatgas terutama dibidang keamanan. Hal ini dikarenakan Distrik Kanggime berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten puncak Jaya yang diketahui sampai saat ini masih sering terjadi penyerangan terhadap personel TNI oleh Kelompok Separatis Teroris (KST).

Dansatgas mengatakan bahwa dalam melaksanaan tugas pengamanan daerah rawan, Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS selalu berupaya mengambil dan merebut hati rakyat dengan cara mengenali Tokoh Mayarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama serta kelompok intelektual.

“Suasana yang aman dan damai dapat tercipta dari hubungan yang harmonis antara masyarakat dengan aparat keamanan yang ada diwilayah tersebut, dasar inilah yang mendorong saya menyempatkan diri untuk menemui para tokoh yang ada diwilayah Distrik Kanggime, Kabupaten Tolikara,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dansatgas menyampaikan bahwa dirinya dan seluruh Prajurit Yonif 751 mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak-bapak Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Aparat Pemerintahan Distrik yang telah menyempatkan diri datang ke pos Satgas Yonif 751 yang ada di Kanggime ini.

“Saya berharap situasi yang sudah damai ini terus berlangsung dan seluruh masyarakat tidak dapat terpengaruh terhadap ajakan dari kelompok yang ingin membuat kekacauan didaerah ini,” katanya.

“Semoga hubungan yang sudah terjalin dengan baik ini dapat terus dijaga, dan saya juga berharap para tokoh disini dapat menegur personel satgas apabila ada yang melakukan kesalahan yang akan merusak citra TNI, terutama nama baik Yonif 751,” tambah Dansatgas.

Hal senada juga disampaikan oleh bapak Piter Gurik (60 th) selaku Tokoh Adat dan Panglima Perang Kanggime. “Saya selaku Tokoh Adat dari Kanggime ini mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Danyon yang telah rela datang jauh-jauh dari Wamena, dengan melewati gunung-gunung dan lembah-lembah hanya untuk bertemu kami para tokoh yang ada di Kanggime ini,” ungkapnya.

“Hubungan kami dengan pos Yonif 751 sampai saat ini sudah sangat baik dan kami akan tetap jaga,” kata bapak Piter Gurik.

Disaat Dansatgas Yonif RK 751/VJS beserta rombongan akan meninggalkan Distrik Kanggime menuju Wamena, Bapak Yaguli Gurik (45 th) selaku Kepala Suki Kanggime sekaligus Sekwilcam Distrik Wolu menyerahkan buah merah besar kepada Dansatgas.

“Saya serahkan buah merah ini karena buah ini adalah buah yang baik buat kesehatan, semoga bapak Danyon dan semua anggota 751 selalu sehat dalam melaksanakan tugas,” ucap bapak Yaguli Garuk.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar