Yakinkan PON XX Papua Cluster Timika Aman, Danrem 174 Merauke Cek Pasukan Pengamanan

Yakinkan PON XX Papua Cluster Timika Aman, Danrem 174 Merauke Cek Pasukan Pengamanan Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, MERAUKE - Dalam kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Mimika, Selasa (5/10/2021), Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko mengecek langsung kesiapan aparat keamanan dalam mengamankan pelaksanaan PON XX Cluster Timika, guna meyakinkan situasi keamanan selama pelaksanaan PON XX dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

Hal ini sudah menjadi komitmen Danrem sebagai konsekwensi wilayah Korem 174/ATW yang sangat luas meliputi 5 kabupaten, dimana wilayah Kabupaten Merauke dan Mimika sebagai tempat ajang penyelenggaraan PON XX tahun 2021.

Luas wilayah dan kendala transportasi antar kabupaten bukan menjadi kendala bagi Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, bahkan untuk mengunjungi Kabupaten Mimika harus menempuh dua kali penerbangan udara dari Kabupaten Merauke.

Saat berada dilokasi berlangsungnya PON XX, Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko didampingi Kasdim 1710/Mimika Mayor Inf Ahmadi Arif dan para pejabat kepolisian yang ada di Timika meninjau langsung kondisi keamanan cukup kondusif.

Disela-sela kunjungannya, Brigjen TNI Bangun Nawoko menyempatkan diri untuk menyaksikan beberapa pertandingan yang digelar di Kabupaten Mimika diantaranya Bola Basket, Atletik dan Biliard.

Danrem juga memberikan semangat kepada para kontingen yang sedang bertanding dimana salah satunya Sertu Rio Maholtra yang merupakan prajurit TNI AD berhasil mengharumkan nama TNI AD dalam cabang olahraga atletik nomor lari gawang 100 meter yang tergabung dalam kontingen dari Provinsi Sumatera Selatan dengan meraih medali emas.

Sementara di Kabupaten Merauke, dalam mendukung pelaksanaan PON XX masyarakat Merauke tetap mematuhi Prokes seperti saat menyaksikan lomba balap motor yang berlangsung di Sirkuit Fregeb Waninggap Sai Gautak, Distrik Kebun Coklat, Kab. Merauke, Selasa (5/10/2021).

Dari kalangan penonton masyarakat Merauke yang datang membludak, namun tetap terlihat mematuhi Prokes Covid-19. Hal ini terlihat ketika memasuki lokasi lomba balap motor, saat melewati salah satu Pos Prokes oleh TNI-Polri dibantu oleh panitia lomba dengan sabar terlihat antri mengikuti pintu masuk yang telah disiapkan, begitu pula dengan penonton yang berada di Tribun terlihat penonton tetap memakai masker.

Petugas pengamanan PON XX tahun 2021 yang melibatkan TNI-Polri bekerja sama dengan panitia pada lomba balap motor dengan sabar mengawasi pelaksanaan proses Prokes oleh para penonton.

Untuk wilayah kabupaten Merauke sampai saat ini pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sudah mencapai lebih dari 72% . Ini merupakan suatu angka yang fantastis cukup tinggi dibanding dengan daerah-daerah yang ada di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat Merauke dalam mendukung suksesnya pelaksanaan PON sangat tinggi.

Hal ini juga diakui oleh salah satu crosser asal Temanggung Jawa Tengah Edi Haryanto menyampaikan bahwa masyarakat Merauke sangat antusias untuk menyaksikan lomba balap motor. “Dengan kesadaran yang tinggi mereka berbondong-bondong datang ke lokasi sirkuit dengan tetap mematuhi Prokes Covid-19 menggunakan masker, sehingga kami para crosser merasa nyaman berada di Merauke,” ungkapnya.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar