Puluhan Ribu Bibit Mangrove Ditanam Sebagai Sabuk Hijau Pantai Brebes

Puluhan Ribu Bibit Mangrove Ditanam Sebagai Sabuk Hijau Pantai Brebes Dok Humas Mupakan gagasan dari Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, untuk melindungi alam khususnya di pesisir pantai di Jawa Tengah. Foto: ist.

SINARPAGINEWS.COM, Brebes – 60 ribu bibit mangrove (bakau) ditanam secara bersamaan oleh berbagai kalangan di Pantai Randusanga Indah (Parin), Desa Randusanga Kulon, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Selasa (12/10/2021).

 

Kegiatan Polres Brebes ini bertemakan Jawa Tengah Mageri Segoro (memagari laut), dimana merupakan gagasan dari Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, untuk melindungi alam khususnya di pesisir pantai di Jawa Tengah.

 

“Penanaman 1 juta mangrove ini dilakukan secara serentak di 13 Polres di jajaran Polda Jateng yang mempunyai daerah pesisir pantai,” ujar Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto, SIK, M.Si.

 

Lanjutnya, reboisasi di pesisir pantai itu selain bertujuan untuk menahan abrasi, mengurangi emisi karbon, dan menjaga ekosistem di pesisir, juga agar kedepannya penduduk di sekitar pantai (Pokdarwis) dapat memanfaatkan hutan mangrove sebagai kawasan wisata.

 

“Rehabilitasi hutan mangrove ini merupakan bentuk dukungan terhadap Pemda khususnya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui kepedulian terhadap lingkungan,” sambungnya.

 

Kapolres menambahkan, jika hutan mangrove terjaga maka masyarakat di sekitar pantai diharapkan dapat beraktivitas dengan normal saat rob (air pasang) datang.

 

Sementara itu Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE.MH dan juga Dandim 0713 Brebes Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, sangat mengapresiasi adanya penanaman mangrove di garis pantai Brebes. Pasalnya, jelas membantu pihaknya dalam penanganan abrasi.

 

Menurut Bupati, dengan adanya penanaman mangrove maka diharapkan dapat mempercepat adanya hutan mangrove, dimana Brebes sudah mempunyai beberapa destinasi wisata seperti Hutan Dewi Mangrove Sari di Desa Kaliwlingi Kecamatan Brebes dan Pulau Cemara di Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari.

 

Ia berharap upaya serupa untuk menahan abrasi di daerah pantai di wilayah Kecamatan Bulakamba dan Losari, nantinya juga akan menjadi destinasi wisata baru di Brebes sehingga akan bermanfaat bagi generasi yang akan datang.

 

“Langkah lain kita juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk pemasangan tanggul penahan rob yang terbentang dari wilayah Losari sampai Brebes, yaitu di 5 kecamatan atau 17 desa,” tandasnya.

 

Selain kegiatan itu, juga dilakukan kegiatan vaksinasi covid-19 di Balai Desa Randusanga Kulon, serta pemberian sembako kepada masyarakat setempat, sebagai langkah percepatan vaksinasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir.

Editor: Dimas Madia

Bagikan melalui:

Komentar