Kapolres Tegal Pimpin Penanaman Pohon Cemara Di Pantai Larangan

Kapolres Tegal Pimpin Penanaman Pohon Cemara Di Pantai Larangan Ahmad Wahidin Kapolres Tegal AKBP Arie Syafa'at, SIK pimpin kegiatan penanaman tumbuhan di pesisir pantai larangan Desa Munjungagung Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Selasa (12/10).
SINARPAGINEWS.COM, TEGAL- Kapolres Tegal AKBP Arie Syafa'at, SIK pimpin kegiatan penanaman tumbuhan di pesisir pantai larangan Desa Munjungagung Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Selasa (12/10).
 
Kegiatan ini merupakan implementasi Polda Jateng menginisiasi gerakan “Mageri Segoro” yakni kegiatan penanaman ribuan pohon mangrove di 16 wilayah jawa tengah diantaranya pesisir pantai larangan kramat.
 
Aksi penanaman 2700 mangrove jenis cemara laut tersebut melibatkan jajaran Kodim 0712/Tegal, Lanal Tegal,Pemkab Tegal dalam hal ini dinas kelautan dan perikanan, Forkopimcam Kramat serta sejumlah komunitas peduli lingkungan.
 
Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa'at menyampaikan bahwa kegiatan ini guna menindak lanjuti instruksi Presiden RI khususnya dalam mencegah abrasi dan menjaga ekosistem perairan di wikayah pantai utara jawa. 
 
“Target kegiatan ini untuk polres tegal sendiri mendapat target 70.000 bibit tanaman yang akan kita lakukan secara bertahap hingga bulan Desember", ungkap Kapolres Tegal.
 
Guna menyukseskan program Mageri Segoro ini, Polres Tegal juga bersinergi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta pemdes setempat.
 
“Penanaman pohon cemara laut ini nantinya tetap akan diawasi dan dimonitor oleh Polres Tegal melalui Satpolair untuk menjaga agar program ini tetap berjalan serta memantau dan menjaga agar pohon – pohon yang ditanam tumbuh”, jelasnya.
 
Sementara itu, Asisten I Pemkab Tegal Dadang Darusman menyampaikan bahwa berdasarkan topografi, lokasi pesisir pantai diwilayah kabupaten tegal memang masih butuh dilakukan penanaman mangrove. 
 
"Mengingat struktur tanah yang berpasir tanaman cemara laut sangat cocok di tanam selain mencegah erosi bibir pantai juga menghias lingkungan pesisir pantai agar lebih baik", pungkasnya. (hid/and). 

Editor: Dimas Madia

Bagikan melalui:

Komentar