Jambanisasi Besar-besaran Kodim Brebes Untuk Ratusan MBR di Lima Kecamatan

Jambanisasi Besar-besaran Kodim Brebes Untuk Ratusan MBR di Lima Kecamatan Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, BREBES – Program TNI untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat terus berlanjut. Kodim 0713 Brebes mulai membangun jamban bagi 767 warga Kabupaten Brebes, yang tersebar di 5 kecamatan yang meliputi Bantarkawung, Bulakamba, Ketanggungan, Larangan, dan Losari.

Jambanisasi ini merupakan program Kodam IV Diponegoro yang bekerjasama dengan Dinsos Provinsi Jateng, dan CSR, dalam rangka Penanganan Kemiskinan Ekstrem di wilayah Jawa Tengah, termasuk di Brebes.

Dijelaskan Dandim Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan melalui Kapten Infanteri Surikan (Pasiter Kodim), sejak Jumat 24 Desember 2021 lalu, kita dibantu warga masyarakat mulai membangun jamban di dua desa, yaitu Desa Buara Kecamatan Ketanggungan dan Desa Slatri Kecamatan Larangan.

“Dari 767 unit jamban, pekerjaan kita bagi menjadi 5 tahap, dimana di tahap pertama ini kita membangun 85 unit di dua desa itu,” terangnya, Rabu (29/12/2021).

Lebih lanjut kata Surikan, progres sampai hari keenam pekerjaan adalah 13 unit jamban yang meliputi 3 unit di Desa Buara Ketanggungan untuk Tasdim RT. 05 RW. 01, Rasdi RT/RW. 01, dan Toni RT. 03 RW. 01.

Sedangkan 10 unit di Desa Slatri Larangan diperuntukkan bagi keluarga Ruswiyah RT. 08 RW. 04, Casman RT. 07 RW. 04, Muhamad Kadis dan Abdul Karim di RT. 03 RW. 04, Sarjono RT. 06 RW. 04. Kemudian di RT. 05 RW. 03 meliputi Riyanto, Siti Barkah, Wartono, Irwan Pusriadi, dan Kartojan.

Ia menambahkan, upaya membantu Pemkab mengatasi masalah sanitasi ini merupakan pembinaan teritorial untuk percepatan pembangunan di daerah.

Dikutip dari Panturapost.com (11/11/21), berdasarkan data dari aplikasi Sanitasi Terpadu Berbasis Masyarakat (STBM) Disperwaskim Brebes, di Brebes ada 142.937 Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dari jumlah MBR itu, 102.799 KK rumahnya belum memiliki jamban, sementara 38.139 KK lainnya masih BAB sembarangan.

Tentunya apa yang dilakukan Kodim Brebes akan sangat membantu Pemkab untuk segera mewujudkan Brebes bebas ODF (Open Defecation Free). Pemkab sendiri juga sedang berupaya menuntaskan ODF dengan GASPOL (Gerakan Stop Beol Sembarangan).

Dengan kolaborasi dari banyak pihak maka pekerjaan cukup berat itu menjadi lebih ringan dan cepat sehingga derajat kesehatan MBR menjadi lebih baik lagi. (Aan)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar