Kalikidang The Next Kampung Pancasila di Brebes

Kalikidang The Next Kampung Pancasila di Brebes Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, BREBES  – Warga masyarakat desa pariwisata, Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Jawa Tengah, bersiap menyambut baik pencanangan salah satu dusun di desanya (Dukuh Kalikidang) menjadi Kampung Pancasila, menyusul Desa Sisalam Kecamatan Wanasari yang telah menjadi Kampung Pancasila pertama di Brebes pada awal April 2022 lalu.

Seperti disampaikan Babinsa setempat dari Koramil 11 Paguyangan Kodim 0713 Brebes, Sertu Sugeng Widodo, bahwa tujuan pembentukan Kampung Pancasila itu sendiri adalah untuk mengembalikan marwah kehidupan masyarakat yang saling bergotong-royong, saling menjaga, saling membantu, dan tenggang rasa dan hormat menghormati antar umat beragama sesuai dengan Pancasila dengan falsafah Bhineka Tunggal Ika.

“Pancasila adalah ideologi negara kita yang tak tergantikan. Dengan mengamalkan Pancasila di segala sendi kehidupan bangsa maka dapat tercipta kehidupan yang damai dan harmonis,” terangnya selepas pemberian materi wawasan kebangsaan kepada Ibu-ibu PKK, bidan desa, dan anggota LPM di Aula Balai Desa Pandansari, Selasa (26/4/2022).

Masih kata Sugeng, pembentukan Kampung Pancasila di Dusun Kalikidang juga bertujuan untuk menangkal pertumbuhan ajaran-ajaran radikalisme yang dapat memicu intoleransi antar umat beragama di Desa Pandansari.

“Dewasa ini ajaran radikalisme sudah mulai berkembang di pelosok desa. Maka dari itu, kami mohon bantuan semua pihak agar program Kampung Pancasila ini dapat terealisasi untuk menangkal ancaman radikalisme yang ingin merusak nilai–nilai Pancasila sedini mungkin,” sambungnya.

Dusun yang hanya mempunyai 1 RW dengan 11 RT yang terletak di sebelah atas Obyek Wisata Telaga Ranjeng ini, sangat pantas dijadikan the next Kampung Pancasila di Brebes karena memiliki karakteristik masyarakat yang baik itu.

Sementara itu Kepada Desa Pandansari Irwan Susanto ST, menyatakan terima kasih atas penunjukan desanya menjadi Kampung Pancasila.

Menurutnya, dengan tambahan status baru desa, maka nanti diharapkan warganya akan lebih sadar dan lebih mudah lagi jika digerakkan untuk kegiatan yang bersifat kegotongroyongan, seperti ronda malam untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas dan radikalisme.

Senada juga diutarakan Suyono selaku Kadus Kalikidang, bahwa pihaknya akan menjadikan pos kamling di dusunnya sebagai Posko Kampung Pancasila. (Aan)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar