Pantura Indramayu, Arus Balik Pemudik Lebih Banyak Malam Ketimbang Siang

Pantura Indramayu, Arus Balik Pemudik Lebih Banyak Malam Ketimbang Siang Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, INDRAMAYU – Sejak H+4 Lebaran 2022, arus balik kendaraan dari arah Jawa tengah dan Cirebon sudah mulai ramai terpantau di jalur arteri pantai utara (Pantura) Indramayu, Jawa Barat.

Ribuan kendaraan bergerak dari arah Jawa Tengah atau Cirebon menuju Jakarta melalui Pantura Indramayu,sejak Jumat (6/5/2022) siang, kendaraan pemudik yang melintas didominasi oleh roda dua dan kendaraan roda empat.

Kepala Pos Pelayanan Arus Mudik Jembatan Timbang Losarang, Kompol H Mashudi mengatakan, situasi arus balik sudah terjadi sejak Kamis (5/5/2022) malam, pukul 20.00 WIB.

Hingga Jumat siang pihaknya mencatat, jumlah kendaraan roda dua yang melintas di jalur arteri Pantura Losarang, Indramayu, yang mengarah ke Jakarta mencapai 55 unit per menit. Sedangkan untuk kendaraan roda empat mencapai 30 unit per menit.

"Kondisi lalu lintas saat ini masih terpantau lancar, dan belum terjadi kepadatan. Pacu kendaraan yang melintas rata-rata berkecepatan sekitar 50 hingga 70 kilometer per jam," kata Kompol H Mashudi.

Sementara itu, di ruas Tol Palimanan pada Jumat (6/5/2022) malam, terlihat ramai lancar, dan sistem satu arah (one way) masih berlaku di Tol Trans Jawa yang berlaku mulai dari Km 414 hingga Km 47, Jumat (6/5/2022).

Dari pantauan dilapangan, arus lalu lintas (lalin) pada malam hari jauh lebih ramai dibandingkan siang hari. Kepolisian mencatat pada 5 Mei 2022 secara total terdapat 63.218 kendaraan masuk Gerbang Tol (GT) Palimanan menuju Jakarta.

Pada data hari ini (Jumat, 6/5/2022_red), hingga pukul 18.00 WIB ada sebanyak 63.848 kendaraan. Berdasarkan tinjauan Wakapolri dan Kakorlantas Polri pada sore hari kemarin menyampaikan aktivitas arus balik sudah terlihat sejak 5 Mei 2022 kemarin.

Terhitung sebanyak kurang lebih 123 ribu kendaraan sudah mengakses Tol Trans Jawa untuk mengarah ke Jabotabek. Angka tersebut akan terus bertambah hingga hari ini, Sabtu (7/5/2022).

Sementara, Imbas One Way di Tol, Kendaraan Arus Balik di Pantura Merayap Sepanjang 14 Kilometer. Pemudik diimbau untuk memperhatikan rekayasa lalin seperti one way yang penerapan waktunya berbeda per harinya.

Pemudik juga dapat mengatur waktu keberangkatan dan selalu menjaga kesehatan agar sampai tepat waktu pada tujuannya.*(Har/SPN-IM-Crb)

Editor: Haris Rojangi

Bagikan melalui:

Komentar