Bakamla RI Zona Maritim Tengah Terima Kunjungan Konsul General Filipina

Bakamla RI Zona Maritim Tengah Terima Kunjungan Konsul General Filipina Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SULUT - Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas menerima kunjungan Konsul General Filipina Mrs. Angelica C. Escalona di Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Bakamla RI, Jl. Diponegoro No. 126, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (11/5/2022).

Kunjungan Konsul Angelica yang didampingi Cdr. Adrian V. Arugay, Raymondo Wagiu dan Carlo Pinero ini dalam rangka memperkenalkan diri sebagai Konsul General Fipilina di Manado yang baru. Selain itu juga membicarakan peluang kolaborasi program kerja antara kegiatan Konsul General Filipina di Manado dengan Bakamla RI terkhusus Kantor Kamla Zona Maritim Tengah yang memiliki tujuan yang sama dalam hal keamanan maritim dan kawasan perbatasan Indonesia-Filipina.

Sementara itu, Laksma Bakamla Hanarko Djodi dalam penyambutannya mengucapkan selamat kepada Mrs. Angelica C. Escalona sebagai Konsul General Filipina di Manado yang baru. “Terima kasih kepada Mrs. Angelica yang telah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Kantor Kamla Zona Maritim Tengah, kedatangan Mrs. Angelica beserta pendamping merupakan kehormatan bagi Bakamla RI Zona Tengah,”kata Laksma Hanarko Djodi.

Dalam kesempatan itu, Laksma Bakamla Hadi Pranoto berkempatan menjelaskan tugas dan fungsi Bakamla RI di wilayah kerja Zona Maritim Tengah yang berada pada jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Lebih lanjut, Laksma Bakamla Hanarko Djodi membeberkan kemampuan deteksi kapal yang dimiliki SPKKL dan SB Bakamla RI yang berada diwilayah kerja Zona Tengah. Terlebih, rencana penguatan sistem peringatan dini berteknologi tinggi milik Bakamla RI di tahun 2022 ini.

Dikatakannya, Bakamla RI dan Philippine Coast Guard (PCG) telah menjalin kerja sama dalam bidang keamanan maritim sejak 11 Juni 2019. Banyak hal yang telah dicapai dari hasil kerja sama tersebut. Diantaranya latihan bersama dalam pengembangan kapasitas personel dan pertukaran informasi dalam hal keamanan maritim kawasan.

Laksma Bakamla Hanarko Djodi berharap kerja sama ini terus dapat ditingkatkan dalam bidang lainnya terutama patroli terkoordinasi antara Bakamla RI dengan PCG.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar