Pembukaan Latihan Bersama M3MC Torchlight Intai Amfibi Marinir dengan U. Socpac

Pembukaan Latihan Bersama M3MC Torchlight Intai Amfibi Marinir dengan U. Socpac Dok Dispen Kormar Batalyon Intai Amphibi 1 Marinir menggelar pembukaan kegiatan latihan bersama Military to Military Connection (M2MC) di Gedung Home Peace Skeeper Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) Sentul Bogor, Rabu (18/05/2022).

SINARPAGINEWS.COM, BOGOR - Batalyon Intai Amphibi 1 Marinir menggelar pembukaan kegiatan latihan bersama Military to Military Connection (M2MC) “ Torchlight-22” dengan United Stated Special Operation Command Pacific (US. SOCPAC) bertempat di Gedung Home Peace Skeeper Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) Sentul Bogor, Rabu (18/05/2022).

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto dalam sambutan upacara pembukaan yang diwakilkan oleh Wakil Komandan Pasmar 1 Kolonel Marinir Bambang Wahyuono, S.A.P. mengatakan “ Puji Syukur Kehadirat Allah Subhanahu Wata’alla berkat Rahmat dan Ridhonya hari ini kita dapat mengikuti upacara pembukaan Latma M2MC “ Torchlight-22” Ta. 2022 antara Korps Marinir dengan United Stated Special Operation Command Pacific (US. SOCPAC) dalam keadaan sehat wal’afiat.

Perkembangan Lingkungan strategis di kawasan Asia Pasifik yang begitu kompleks, dapat berdampak global bila stabilitas keamanannya tidak terjaga dengan baik. Kondisi tersebut menuntut adanya upaya upaya yang diselenggarakan secara bersama dalam salah satu upaya tersebut adalah kerja sama Militer yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan latihan bersama seperti Latma M2MC.

M2MC TORCHLIGHT tahun 2022 ini merupakan Latihan kedua bagi Batalyon Intai Amphibi Korps Marinir yang diselenggarakan Indonesia. Hal ini merupakan momen penting bagi Batalyon Intai Amphibi untuk mempererat hubungan kerja sama dengan US SOCPAC serta mendapat pengetahuan pengetahuan tentang taktik tempur khusus yang lebih modern.

Selain upaya peningkatan hubungan kerja sama antar Negara juga untuk meningkatkan kesiapan tempur satuan baik personel, material dan latihan itu sendiri sehingga kemampuan dan profesionalisme Prajurit mampu menghadapi tuntutan tugas yang semakin kompleks. Sebagai Satuan Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang diberi amanah untuk mengemban tugas guna membina kekuatan, kesiapan operasional Satuan sebagai Pasukan Khusus Korps Marinir maka pada pelaksanaannya agar diikuti dengan baik dan penuh tanggung jawab manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pengalaman dan bahan evaluasi untuk dapat dikembangkan dalam penyempurnaan doktrin yang kita miliki, Ucap Komandan Korps Marinir.

Proses Latihan ini dibagi menjadi 4 tahapan yaitu, tahap 1” Combat Marksmanship meliputi didalamnya Reaction Shooting dan Precision Shooting”, tahap II” Military Operation in Urban Terrain (Mout) dan Close Quarter, Battle(CQB)”, tahap III, “ Amphibious Operation meliputi Maritime Land Action and Amphibious Reconnaissance”, serta Full Mission Profile (FMP) pada tahap IV. Latihan yang melibatkan Batalyon Intai Amphibi 1 Marinir ini diselenggarakan di wilayah Jakarta, Bogor dan kepulauan Seribu pada tanggal 18 Mei sampai dengan 31 Mei 2022.

Hadir dalam acara, Commander SOCPAC LSF Colonel Black Allison Kimberly, Letkol Laut Ricky Takoma Kasi Lateral Disops Latal, Letkol Marinir Irwanto Paban Ops Sops Kormar, Letkol Marinir Jan Risa Romy U., M. Tr.Opsla dan segenap Perwira jajaran Intai Amphibi 1 Marinir.

Editor: Chairul Ichsan

Bagikan melalui:

Komentar