Lanal Batam Tuan Rumah Kegiatan Sosialisasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Sakter Kemhan RI TA. 2022

Lanal Batam Tuan Rumah Kegiatan Sosialisasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Sakter Kemhan RI TA. 2022 Ahmad spn

SINARPAGINEWS.COM, BATAM, - Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Ma'ruf, S.H., M.H., hadiri kegiatan Pembukaan Sosialisasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Satker yang disingkat dengan “Sakti” di Lingkungan Kemhan TA. 2022 oleh Tim Kemhan RI yang dipimpin oleh Kolonel Laut (T) Bawon Widadi, M. MAr. E., di Ruang Rekreasi Mako Lanal Batam, Selasa (07/06/2022).

Dalam rangka menjamin terselenggaranya roll out implementasi Sakti dengan baik pada seluruh Satker di lingkungan Kemhan RI pada TA. 2022, Kolonel Laut (T) Bawon Widadi, M. MAr. E. (Katim Sosialisasi Kemhan RI) Pimpin pelaksanaan Sosialisasi Aplikasi Sakti TA. 2022 yang diikuti peserta pengawak Simak BMN TNI wilayah Kerja Kepulauan Kepri.

Selain itu, kegiatan tersebut merupakan salah satu arah kebijakan pemerintah adalah modernisasi dan digitalisasi sistem pembayaran pemerintah, penganggaran berbasis kinerja, sebagai bentuk dari transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara.

Katim Sosialisasi Kolonel Laut (T) Bawon Widadi, M. MAr. E., membacakan sambutan Kabaranahan Kemhan RI, dalam sambutanya Kabaranahan Kemhan menyampaikan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama bahwa aplikasi Sakti dari Kemenkeu akan mulai diimplementasikan pada awal TA. 2022, untuk menghadapi hal tersebut maka perlu dilaksanakan sosialisasi.

Aplikasi “Sakti” adalah aplikasi yang digunakan oleh satker sebagai pengganti dari aplikasi Simak BMN dan persediaan yang masih offline menjadi aplikasi “Sakti” yang sudah online. Aplikasi ini digunakan untuk mendukung pengelolaan keuangan dimulai dari proses perencanaan, penganggaran dan pelaporan atau pertanggungjawaban.

Aplikasi “Sakti” ini digunakan dari tingkat satker, wilayah, eselon dan kementerian dengan menerapkan konsep single database. Dengan adanya kegiatan sosialisasi diharapkan para operator simak BMN di lingkungan Kemhan dan TNI dapat memahami dan mampu mengoperasikan aplikasi “Sakti” dengan baik pada TA. 2022 nanti. (Pen Lanal Batam)

Editor: Chairul Ichsan

Bagikan melalui:

Komentar