Ditbinmas Polda Jateng Tutup Diksar Satpam Gada Pratama di Kota Tegal

Ditbinmas Polda Jateng Tutup Diksar Satpam Gada Pratama di Kota Tegal Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Pelatihan Pendidikan Dasar (Diksar) Satuan Pengamanan (Satpam) Gada Pratama angkatan ke-38 Tingkat Polda Jateng yang diselenggarakan oleh Ditbinmas Polda Jateng bekerja sama dengan BUJP PT Rian Jaya Perkasa Kota Tegal, secara resmi telah ditutup, Rabu (29/6/22). 

Upacara Penutupan secara resmi Diksar Satpam Gada Pratama tersebut dilaksanakan di Pusdiklat PT Rian Jaya Perkasa, oleh Dirbinmas Polda Jateng, Kombes. Pol. Lafri Prasetyono, S.I.K, melalui Kasubdit Bin Satpam Polsus Polda Jateng, AKBP Nunuk Setyowati, S.I.K., M.H.

Dalam sambutanya AKBP Nunuk menyampaikan bahwa sebagai kepanjangan tugas dan pengemban fungsi kepolisian terbatas, anggota Satpam mempunyai tugas mulai yakni turut menjaga dan menjamin kondisi lingkungan atau kawasan kerjanya dalam keadaan aman

Oleh sebab itu menurutnya, apa yang telah diperoleh selama pendidikan terus diingat dan menjadi bekal dalam pelaksanan tugas agar tidak salah langkah dan bertindak. 

“ Tidak ada bahasa yang beli, sehingga dalam melayani baik sesama rekan maupun kepada masyarakat, senyum, sapa, salam jangan pernah ditinggalkan,” ujarnya

Ketika menegur, lanjutnya gunakan bahasa yang baik dan tidak menyakitkan sesuai etika yang berlaku dilingkungan kerjannya. Kemudian, 7 (Tujuh) kompetesi dasar yang wajib dimiliki satpam agar dikuasai dan diterapkan dalam pelaksanan tugasnya.

Jaga penampilan, percaya diri , ada persiapan dan perencanan tugas apapun. Karena ketika perencanaan bagus, Insha Allah hasilnya tidak akan jauh. Selain gerakan pengaturan lalin, penjagaan, pengawalan, patroli maupun pengamanan TKP,” jelasnya.

Mewakili Dirbinmas dirinya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Direktur Utama PT Rian Jaya Perkasa Karena telah memberikan kepercayaan kepada Polda Jateng dalam pelaksanaan Diksar Gada Pratama di Polres Tegal Kota. 

Dia berharap agar satpam lulusan Diksar Gada Pratama angkatan ke-38 tahun 2022, dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam diksar. “Jadikan bekal tugas dilapangan. Tugas saudara adalah menjaga kamtibmas dilingkungan perusahaan/instansi. Jauhi sifat arogansi dalam melaksanakan tugas,” pungkasnya 

Sementara dari 92 peserta Diksar yang digelar mulai Tanggal 11 hingga 29 Juni ini dinyatakan lulus dengan kualifikasi Gada Pratama. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan penghargan kepada para siswa yang berprestasi.

Masing-masing kepada juga diberikan kepada tiga peserta masing-masing kepada Siswa Tertabah yakni Mulyono, Siswa Cendekia, Dani Manaf dan Siswa Trengginas kepada Tresno Aji Sutisna. Usai upacara dilanjutkan dengan penampilan olah ketrampilan dari para peserta disaksikan tamu undangan lainnya. (Hid/jok). 

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar