Kodim Brebes Perkuat Silaturahmi Dengan KBT

Kodim Brebes Perkuat Silaturahmi Dengan KBT Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, BREBES – Kodim 0713 Brebes kembali menggelar kegiatan pembinaan dan pemberdayaan keluarga besar TNI di Aula Jenderal Soedirman Makodim. Kamis (8/9/2022).

Dandim Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan silaturahmi antara TNI dengan segenap komponen masyarakat khususnya KBT (Keluarga Besar Tentara) yaitu FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan) dan PPM (Pemuda Panca Marga) yang merupakan anak-cucu para veteran.

“Komunikasi dialogis khususnya dengan KBT ini, adalah salah satu upaya satuan teritorial (Kodim) memberdayakan sumber daya di darat demi kepentingan pertahanan Negara,” ujarnya.

Lanjut Dandim, selain itu, pembinaan secara terpadu dan berkesinambungan bertujuan untuk menyuburkan persatuan dan kesatuan guna mencegah munculnya berbagai gejolak sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, seperti mencegah paham radikalisme dan intoleransi.

Menurutnya, Indonesia menganut sistem pertahanan semesta, dimana menempatkan seluruh komponen bangsa sebagai komponen pendukung dan komponen cadangan, sehingga pembinaan harus terus dilakukan secara berkesinambungan guna mendukung peran, tugas, dan fungsi TNI-AD.

KBT juga merupakan mata dan telinga TNI di darat dalam mengantisipasi berbagai hakekat ancaman kedaulatan negara yang mungkin timbul mulai di pelosok desa.

“Saya percaya, di masa kini dan yang akan datang, TNI bersama segenap mitra juangnya akan terus bahu-membahu dan bersatu padu untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 45,” tutupnya.

Tak lupa Tentrem Basuki meminta kepada anggota FKPPI dan PPM untuk terus membantu menciptakan iklim yang kondusif di Kabupaten Brebes, dengan menempatkan diri sebagai penyejuk dengan menetralisir setiap upaya provokasi di lingkungan masyarakat untuk bertindak destruktif yang mengatasnamakan demokrasi dan aspirasi politik.

Sementara itu Ahmad Jazuli (38), warga Desa Tengki Kecamatan Brebes, cucu dari Almarhum Sayan seorang veteran kemerdekaan, menyatakan bangga diorangkan sebagai KBT dan menerima cinderamata dari pihak Kodim.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar