Aster Panglima TNI Buka Kursus Pembina Pramuka Trisaka TNI

Aster Panglima TNI Buka Kursus Pembina Pramuka Trisaka TNI Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Kak Purwo Sudaryanto didampingi Sekjen Kwarnas Mayjen TNI (Purn) Kak Dr. Bachktiar Utomo, S.IP., M.A.P., Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Kak I Made Wahyu Santoso dan Kapusdiklatnas Kak Drs. Subtiyana membuka secara resmi Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan Golongan Penegak Trisaka TNI TA 2022, bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Senin (26/9/2022).

Kursus ini diikuti oleh kader-kader Pramuka Trisaka TNI baik Militer maupun PNS TNI dari Saka Wirakartika TNI AD, Saka Bahari TNI AL dan Saka Dirgantara TNI AU, merupakan kerjasama Ster TNI melalui Staf Paban III/Tahwil dengan Pusat Pendidikan dan Latihan Nasional (Pusdiklatnas) Pramuka Cibubur. Adapun anggota TNI yang mengikuti kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan sejumlah 49 orang terdiri dari TNI AD 34 orang, TNI AL 8 orang dan TNI AU 7 orang.

Dalam sambutannya Aster Panglima TNI menyampaikan Pramuka atau Praja Muda Karana memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya, meliputi Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak maupun Pramuka Pandega. Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, ketrampilan dan pengalaman serta memotivasi untuk melaksanakan kegiatan karya nyata yang produktif.

Sementara itu tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini yaitu sering timbulnya isu SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan) di tengah-tengah kehidupan masyarakat, isu Terorisme dan Narkoba masih sering dijumpai sehingga hal ini dapat menjadi sebuah tantangan serius bagi bangsa Indonesia. “Mencermati tantangan tersebut, maka penguatan pendidikan karakter/kejuangan harus selalu ditingkatkan, salah satunya melalui pembinaan kepramukaan guna mencetak generasi yang tangguh, mampu melakukan pembinaan Pramuka di wilayah dan siap menghadapi tantangan zaman,” ujarnya.

Di sisi lain Aster Panglima TNI menyampaikan bahwa kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan ini juga bertujuan agar peserta mampu menjadi pengelola gugus depan atau ketua gugus depan, mengelola dan memfasilitasi kegiatan di ambalan penegak dengan menggunakan metode kepramukaan dalam proses pendidikan kepramukaan sehingga menghasilkan gugus depan yang unggul.

“Semoga dengan adanya kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan ini akan semakin memperkuat tali silaturahmi dan menjadi pendorong untuk dapat memberikan konstribusi nyata dalam menghadapi setiap permasalahan bangsa, yang pada akhirnya akan menjaga kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar