Polres Tegal Kota Gelar Latihan Pemadaman Kebakaran

Polres Tegal Kota Gelar Latihan Pemadaman Kebakaran Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Untuk meningkatkan kesiapan dan kompetensi dalam mengatasi bahaya kebakaran, jajaran Polres Tegal Kota menggelar simulasi penanganan kebakaran dan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Rabu (30/11/2022).

 

Kegiatan dilaksanakan setelah apel pagi di halaman Mapolres setempat dengan diikuti oleh personel baik Polres dan Polsek jajaran.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat dalam sambutannya sebelum kegiatan dimulai menyampaikan, bahwa pelatihan ini dilaksanakan sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi tentang penanganan kebakaran dan penggunan APAR.

"Yang kita gunakan untuk simulasi kali ini ada 2 teknik pemadaman api, yakni menggunakan karung goni dan APAR berjenis serbuk kimia atau yang biasa disebut APAR Powder, "terang Kapolres.

Kapolres menjelaskan, kebakaran adalah salah satu jenis keadaan darurat yang berpotensi menjadi bencana, yang bisa terjadi dimana saja dan kapan saja.

"Oleh karena itu, ketenangan dan kewaspadaan dalam menghadapi kebakaran menjadi poin penting dalam mengontrol dan mengantisipasi kebakaran agar tidak meluas," tuturnya.

.

Kapolres juga berpesan kepada seluruh personel untuk benar-benar memperhatikan dalam kegiatan pelatihan ini, dengan harapan kedepan seluruh personel Polres Tegal Kota mampu dan mamahami cara penggunaan APAR sehingga apabila terjadi situasi kontijensi anggota tidak merasa bingung dan mahir untuk menggunakannya.

Sementara itu Iptu Rushendro selaku Pemateri atau Instruktur pelatihan mengatakan, akan pentingnya kita mengenali sumber ancaman kebakaran sebagai upaya antisipasi.

Di antaranya sumber listrik dan kompor gas yang selama ini menjadi dominasi penyebab terjadinya bencana kebakaran," ujarnya.

Selain itu, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah kesiapan mental ketika menangani kebakaran.

"Tidak perlu panik atau gugup saat memadamkan api, kita bisa menggunakan cara tradisional yaitu dengan karung goni atau kain handuk yang dibasahi maupun dengan alat pemadam api ringan atau APAR," pungkasnya.(hid/hms).

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar