TNI-POLRI Gelar Tactical Floor Game Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo NTT

TNI-POLRI Gelar Tactical Floor Game Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo NTT

SINARPAGINEWS.COM, NTT - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) menggelar Tactical Floor Game (TFG) pengamanan VVIP pada penyelenggaraan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-bangsa di Asia Tenggara, (ASEAN) Summit Ke 42, Indonesia Tahun 2023 bertempat di Davina Room, Hotel Sylvia di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sabtu (6/5/2023).

TFG dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dihadiri para Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI dan POLRI, instansi pemerintah serta pihak terkait lainnya untuk meyakinkan kesiapan masing-masing Satgas yang terlibat dalam KTT ASEAN untuk dapat mengantisipasi setiap dinamika yang mungkin muncul selama pelaksanaan kegiatan KTT ASEAN.

Penekanan Panglima Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M., bahwa kegiatan ini bukanlah drill, latihan atau simulasi. Kegiatan ini nyata dan tidak bisa diulang sehingga semua harus benar-benar diyakinkan berjalan dengan baik dan mampu mengantisipasi setiap dinamika yang terjadi.

"Kegitan TFG yang kali ini digelar merupakan rangkaian dari kesiapan operasional, sebab informasi-informasi terkait perkembangan kondisi dan situasi yang terjadi saat ini diperoleh lebih lengkap untuk menyempurnakan yang masih kurang dan dilakukan kerjasama semua unsur terkait secara humanis dan bersinergi". Tegas Panglima TNI.

Panglima TNI juga menjelaskan bahwa dengan melaksanakan TFG Satgas Pam TNI-POLRI dapat mengidentifikasi celah-celah mana yang sekiranya belum tertutupi, serta faktor-faktor kritis yang perlu diantisipasi, termasuk di dalamnya kerawanan terhadap keamanan para kepala negara dan delegasi, serangan siber, pengamanan rute, venue, evakuasi medis dan keadaan kontijensi lainnya sehingga seluruh peserta dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawbanya secara cepat dan tepat dalam menyukseskan KTT ASEAN.



Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar