Pangkoarmada RI Hadiri Peresmian 2 Kapal Satrol KRI Tuna-876 dan KRI Marlin-877

Pangkoarmada RI Hadiri Peresmian 2 Kapal Satrol KRI Tuna-876 dan KRI Marlin-877 Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - Panglima Komando Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksdya TNI Heru Kusmanto didampingi Ketua PG Jalasenastri Ny. Yayuk Heru Kusmanto menghadiri Delivery Ceremony dan Peresmian 2 (dua) Kapal Satrol milik TNI AL, KRI Tuna-876 dan KRI Marlin-877, yang pelaksanaannya dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, bertempat di PT Karimun Anugrah Sejati (KAS) Tanjung Uncang Batam dan PT. Palindo Marine di Sei Binti, Sagulung, Batam, Kepulauan Riau. Kamis 7 September 2023.

Kegiatan peresmian ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima dan penyerahan cinderamata mata berupa maket kapal oleh Direktur Utama PT KAS, Franky Sucipto kepada Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali.

Dalam sambutannya K javascript:; asal mengatakan bahwa kapal Satrol ini dipersenjatai dengan satu unit meriam kaliber 40 milimeter (mm) dan dua unit meriam kaliber ukuran 12,7 dengan beranggotakan 50 pengawaknya.

“Kapal jenis Patroli Cepat (PC) Tuna-876 ini memiliki panjang keseluruhan 62,40 meter dengan lebar 8,80 meter dan tinggi 19,37 meter, serta kecepatan maksimal 24 knot dan kecepatan jelajah sejauh 17 knots,” kata Kasal.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan pengukuhan Mayor Laut (P) Muhammad Arif sebagai Komandan KRI Tuna-876 yang nantinya akan ditempatkan di Lantamal 1 Belawan di bawah Koarmada I. Sedangkan KRI Marlin-877 nantinya akan memperkuat jajaran Satrol Lantamal VI Makassar.

Sedangkan untuk KRI Marlin-877 dibangun selama 24 bulan memiliki spesifikasi teknis yaitu panjang 60 meter, lebar 8,10 meter, tinggi 4,85 Mlmeter, draught 2,8 meter, displacement 520 ton dengan kecepatan maksimum 24 knots. Selain itu kecepatan jelajah 17 knots, kecepatan ekonomis 15 knots, endurance 5 hari dengan 50 pengawak.

Hadir pada acara tersebut, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali, Pejabat Mabesal, Pangkoarmada I beserta Ketua Daerah Jalasenastri Armada I dan Pangkoarmada II beserta Ketua Daerah Jalasenastri Armada II.

Editor: Aa-b

Bagikan melalui:

Komentar