Gubuk Sanah Rosianah Kini Permanen dan Warnanya Hijau TNI

Gubuk Sanah Rosianah Kini Permanen dan Warnanya Hijau TNI Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, Brebes – Sanah Rosianah (35) warga Dukuh Kaliloka RT. 05 RW. 03, Desa Kaliloka, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, adalah salah satu dari 5 warga kurang mampu di desanya itu yang mendapatkan program rehab rumah melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 118 Kodim 0713 Brebes.

Ibu rumah tangga itu mengucapkan terima kasih kepada Pj. Bupati Brebes Urip Sihabudin SH.MH, kemudian Dandim Letkol Infanteri Tentrem Basuki, sanak-saudara, serta warga setempat yang telah berupaya melayak hunikan atau mempermanenkan gubuk berukuran 4x10 meter yang telah ditempatinya bersama Patudin, sang suami selama belasan tahun.

Sanah Rosianah mengutarakan bahwa dulu dinding rumahnya itu hanya berupa kalsiboard, sedangkan atapnya berupa genteng yang mulai lapuk sehingga saat hujan bocor.

Saat ditanya, Sanah Rosianah dan suaminya yang bekerja sebagai sopir truk, mengaku sudah lama ingin merenovasi rumahnya. Namun karena keterbatasan ekonomi dan tabungan yang belum cukup maka memaksanya mereka bertahan dalam kondisi tersebut.

“Matur nuwun sanget kangge Bapak Bupati dan Bapak Dandim, seng sampun ndandosi gubuk kulo. Mugi-mugi Gusti Allah sing ingkang mbales,” ujarnya dalam bahasa Jawa-Brebes (Terima kasih sekali buat Bapak Bupati dan Bapak Dandim, yang sudah memperbaiki gubuk saya. Semoga Tuhan yang membalasnya – red).

Mewakili suami dan keluarga, Sanah Rosianah menyatakan mendapatkan semangat baru untuk melanjutkan hidup berkat bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemkab Brebes dengan pelaksana teknis Satgas TMMD Reguler 118 Kodim Brebes.

Ia pun sekarang tak malu lagi menerima tamu yang berkunjung ke rumahnya, terlebih atap rumahnya kini cor beton.

Terpisah disampaikan Dandim Letkol Infanteri Tentrem Basuki, bahwa kelima RTLH akan dicat dengan warna hijau kombinasi, untuk memberikan kesejukan kepada para pemilik rumah sekaligus menandakan bahwa rumah-rumah itu dilayak hunikan melalui gotong-royong di TMMD Reguler. (Hid/pen)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar