Gudang Bawang Merah Terbakar, Rugi Puluhan Juta Rupiah

Gudang Bawang Merah Terbakar, Rugi Puluhan Juta Rupiah Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, Brebes – Sebuah bangunan tempat penyimpanan bibit bawang merah milik Khaerul Azman (37) warga desa Sigentong Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes terbakar pada Senin (27/11/2023) siang sekitar pukul 13.30 Wib.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun akibat kebakaran yang juga menghanguskan bagian dapur, pemilik bangunan mengalami kerugian hingga puluhan juta rupihan.

Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq melalui Kapolsek Wanasari Iptu Triyono Raharjo mengatakan penyebab kebakaran diduga dari api yang digunakan untuk proses pengasapan bibit bawang merah.

Disampaikan oleh Kapolsek kronologi terjadinya kebakaran tersebut berawal saat pemilik rumah, Khaerul Azman yang tengah berada berada didalam rumah, tiba – tiba mendengar suara letusan kayu terbakar dan segera keluar rumah. Kemudian melihat kobaran api di tempat penyimpanan bibit bawang merah yang telah merambat ke atap dapur. Api diduga berasal dari tungku api yang tengah digunakan untuk proses pengasapan dan ditinggalkanya.

“Peristiwa terjadi sekitar pukul 13.30 Wib. Korban bersama warga berusaha memadamkan api. Selang 30 menit kemudian setelah Damkar datang api berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.30 Wib,” kata Kapolsek, Selasa (28/11/2023).

Dengan adanya kejadian tersebut, Kapolsek Wanasari mengimbau kepada masyarakat khususnya petani bawang agar lebih berhati – hati dan melakukan pengawasan saat proses pengsapan bawang merah.

Pengasapan bibit bawang merah sendiri disebutkan Kapolsek merupakan kebiasaan petani supaya bawangnya kering dan tahan lama. Prosesnya sendiri dengan cara menggunakan asap dari pembakaran kayu dengan menggunakan tungku.

“Kami imbau kepada petani untuk lebih berhati hati dan melakukan pengawasan saat proses pengasapan bawang merah. Beruntung tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai 50 juta rupiah,” pungkasnya. (Hid/hms).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar