Polda Metro Jaya Ungkap 352 Kasus Dalam Operasi Pekat 2024, Amankan 409 Tersangka

Polda Metro Jaya Ungkap 352 Kasus Dalam Operasi Pekat 2024, Amankan 409 Tersangka Chairul Ichsan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Wira Satya Triputra (kedua dari kiri) saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA Polda Metro Jaya bersama Polres jajaran mengungkap 352 kasus kejahatan selama 15 hari pelaksanaan Operasi Pekat (penyakit masyarakat), terhitung dari 1 hingga 15 Maret 2024. Sebanyak 409 tersangka juga diamankan selama pelaksanaan operasi ini.

Di antara kasus yang terbongkar dalam operasi ini, ada 3 kasus pembunuhan. Satu kasus di wilayah Polres Metro Jakarta Barat, satu di wilayah Bekasi Kota, dan satu lagi di wilayah Kabupaten Bekasi.

Sementara untuk tindak pidana terbanyak yang dibongkar selama gelaran operasi adalah pencurian kendaraan bermotor (curanmor) sebanyak 182 kasus. Kemudian kasus pencurian dengan kekerasan (curas) 14 kasus, dan pencurian dengan pemberatan (curat) 59 kasus.

Berikutnya lagi adalah kasus judi sebanyak 13 kasus, pemerasan 3 kasus, penganiayaan berat 6 kasus, pencurian 24 kasus, penjualan minuman keras dengan total 132 botol, Undang-Undang Darurat terkait kepemilikan senjata tajam dan senjata api sebanyak 21 kasus, serta 23 kasus tindak pidana lainnya.

Untuk barang bukti yang diamankan selama gelaran operasi adalah 7 unit kendaraan roda empat, 117 unit kendaraan roda dua, 3 pucuk senjata api (senpi), 48 bilah senjata tajam (sajam), uang tunai belasan juta dan barang bukti lainnya.

Selain menangkap ratusan penjahat dan menyita banyak barang bukti, gelaran Operasi Pekat ini juga terbukti manfaatnya ke masyarakat. Salah seorang warga bernama Jamaludin dari Jakarta Utara begitu semringah saat menerima kembali motornya yang sempat hilang dicuri.

Penyerahan ini dilakukan langsung oleh Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Wira Satya Triputra kepada Jamaludin di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Saya banyak mengucapkan terima kasih kepada Polda Metro Jaya. Alhamdulillah atas kerja keras Polda Metro dan tim akhirnya saya mendapatkan lagi motor saya dalam keadaan utuh setelah tiga hari hilang. Sukses ke depannya untuk Polda Metro Jaya, kata Jamaludin mengungkapkan kegembiraannya.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Wira Satya Triputra dalam pernyataan resminya mengatakan, pihaknya akan mengumumkan identitas kendaraan ataupun barang bukti yang diamankan dalam pengungkapan kasus yang ada. Masyarakat yang merasa kehilangan bisa mendatangi Polda Metro Jaya atau Polres jajaran untuk membawa kendaraannya.

Kami sampaikan, terkait barang bukti kendaraan roda 2 dan roda 4 nantinya akan kami inventarisasi dan akan kami umumkan ke publik identitas kendaraannya. Harapannya, apabila nanti masyarakat ada kecocokan identitasnya berupa nomor rangka nomor mesin, silakan dibawa dokumen ke Polda atau Polres setempat, kata Kombes Pol Wira.

Editor: Chairul

Bagikan melalui:

Komentar