Korlantas Polri Telah Siapkan Beberapa Rekayasa Lalu Lintas Saat Arus Balik Balik

Korlantas Polri Telah Siapkan Beberapa Rekayasa Lalu Lintas Saat Arus Balik Balik Red

SINARPAGINEWS.COM, JABAR CIKAMPEK  – Menjelang arus balik lebaran 2024 Korlantas Polri telah menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas dan pembatasan diantaranya Oneway, Contra flow, Ganjil Genap, Pembatasan kendaraan sumbu III dan Safety Car.

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan mengatakan akan melakukan oneway dari KM 414 Gate Tol Kalikangkung hingga KM 72 Tol Jakarta – Cikampek dan dilanjutkan rekayasa berupa contraflow hingga KM 47.

“Kemudian untuk rekayasa lalu lintas yang akan kita lakukan pada saat arus balik oneway dari KM 414 Kalikangkung sampai dengan KM 72 Jakarta – Cikampek setelah itu kita melakukan contra flow sampai dengan KM 47,” jelas Kakorlantas Polri di Kantor Jasa Marga KM 70, Kamis (11/4/2024)

Untuk penerapan ganjil genap tetap diberlakukan saat arus balik, serta pembatasan operasional sumbu III keatas juga akan di terapkan.

“Pembatasan barang juga tetap akan kita lakukan sampai dengan tanggal 16 kemudian ganjil genap juga akan dilakukan pada saat arus balik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kakorlantas juga akan memberikan reflektor dari arah contra flow yang semula satu bagian kini ada dua bagian saat arus balik. Sedangkan untuk jarak traffic cone akan diperdekat jarak 10 meter.

“Ada beberapa perbaikan terutama terkait dengan safety dengan keselamatan kita akan memberikan reflektor nanti dari arah contra flow maupun dari arah yang jalur seharusnya kalau kemarin hanya satu bagian ya nanti akan kasih dua bagian,” kata Irjen Pol. Aan.

“Untuk jarak cone ke cone kalau kemarin 30 meter sekarang jadi 10 meter dan setiap 2,5 meter yang di rapatkan di setiap 2,5 menter untuk pembatasannya,” sambungnya.

Saat pemberlakuan contra flow, pihaknya akan menempatkan petugas disetiap median jalan, serta safety car yang nanti akan mengawal pemberlakuan rekayasa contra flow mulai dari KM 72 hingga KM 47 guna memelihara kecepatan pemudi maksimal hanya 60 km/jam.

“Kita juga akan menempatkan petugas disetiap median jalan dari jasa marga maupun dari kepolisian, kemudian kita juga akan menyiapkan safety car artinya nanti akan dikawal ya kalau kita mulai dari 72 – 47 setelah itu nanti akan dikawal kembali ini untuk memelihara kecepatan di contra flow yang maksimal hanya 60 km/jam,” imbuhnya.

Kakorlantas menambahkan akan menyiapkan mobil bantuan seperti ambulan, derek dan lain-lain. Hal ini untuk mempercepat penanganan apabila terjadi kendala di jalan. Edukasi juga akan diberikan untuk pemudik yang akan melewati jalur rekayasa lalu linta salah satunya contraflow.

“Kemudian untuk kendaraan kendaraan penyelamatan terdiri dari derek sebagai ini akan diperbanyak dinruas ruas contraflow ini sehingga kecepatan untuk menangani gangguan maupun kecelakaan di contra flow ini akan lebih cepat lagi,” tambahnya.

Selain itu, Pelabuhan Bakauheni telah menyiapkan buffer zone untuk dijadikan delaying sistem, yang dimana nantinya para pemudik saat melakukan screaning tiket tidak ada yang tidak memiliki tiket.

“Pelabuhan bakauheni Polda Lampung sudah menyiapkan beberapa buffer zone untuk dijadikan delaying sistem nantinya, dengan buffeer zone nantinya saat screaning tiket tidak ada calon penumpang tidak ber tiket masuk ke pelabuhan kalau masih ada kita akan puter balik kembali ke buffer zone terdekat,” terang Ka Ops Pus.

Sedangkan saat arus mudik 2024, Irjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan arus mudik 2024 ini angka kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan sebesar 12% di bandingkan tahun sebelumnya, serta angka meninggal dunia juga mengalami penurunan.

“Selama arus mudik dari tanggal 4 sampai hari H lebaran untuk laka lantas ada penurunan secara nasional 12% turun dari 1.793 kasus menjadi 1581 kasus, Kemudian untuk fatalitas korban meninggal dunia ini juga turun 0,04%, kemudian luka berat ada kenaikan 16% kemudian luka ringan terhadap penurunan 18% itu kita bandingkan dengan masa operasi Masa arus mudik tahun 2023,” ucapnya.

Selama arus mudik lebaran 1445 H, kamera tilang elektronik (ETLE) telah mencapture pelanggar ganjil genap sebanyak 4.027, surat konfrimasi akan dikirim setelah tanggal 16 April.

“Penerapan ganjil genap yang tercapture dari kamera pengawas terdapat 4.027 yang melanggar ganjil genap dan sudah kita kirim surat konfirmasi setelah tanggal 16, ada 1.534 alamat yang sudah kita kirim, serta ada lima yang sudah konfirmasi online,” tutup Kakorlantas Polri.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar