Sejumlah 14 Personel Polri jalani Latihan instruktur Misi PBB di CoESPU, Vicenza, Italia

Sejumlah 14 Personel Polri jalani Latihan instruktur Misi PBB di CoESPU, Vicenza, Italia Red

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA- Sejumlah 14 personel Polri jalani latihan instruktur misi PBB di CoESPU, Vicenza, Italia. Dilansir dari tim Selasa (23/4/2024).

Penugasan pasukan Polisi yang dikenal dengan istilah Formed Police Unit (FPU) pada misi – misi perdamaian PBB saat ini mengalami penambahan kompleksitas tugas yang harus dilaksanakannya di daerah tugas. Hal ini berdampak pada upaya penyiapan personil – personil Polisi tersebut haruslah dilaksanakan secara komprehensif serta sesuai dengan garis standar PBB supaya pelaksanaan tugas di lapangan dapat terlaksana dengan baik untuk membantu mewujudkan perdamaian abadi di negara konflik tersebut.

Bertolak dari pemikiran ini, maka diperlukan instruktur – instruktur yang cakap sekaligus mumpuni dalam menyajikan materi Pelajaran – Pelajaran standar bagi personal penjaga perdamaian PBB yang meliputi Core Predeployment Training Material (CPTM), Special Training Material (STM), dan Command Staff Training Material.

Untuk meningkatkan kapasitas serta pengalaman bagi para Instruktur baik Instruktur organic maupun non – organiknya, maka Divhubinter Polri memberangkatkan beberapa instrukturnya untuk mengikuti program pelatihan Command Staff di Center of Excellent Stability Police Unit (CoESPU), Vicenza, Italia. CoESPU (Center of Excellence for Stability Police Unit) didirikan oleh Carabinieri pada 1 Maret 2005, di Vicenza, Italia.

CoESPU adalah pusat studi yang berfungsi sebagai wadah pelatihan yang bekerja sama dengan Departemen Operasi Perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN DPO) dan dengan Organisasi Internasional lainnya, untuk mengembangkan unit seperti Carabinieri dari Negara-negara Kontributor Polisi yang tertarik berkomitmen untuk mendukung Operasi Perdamaian PBB. Disponsori oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (US DoS) melalui Inisiatif Operasi Perdamaian Globalnya, proyek ini didasarkan pada standar keahlian internasional yang dikembangkan oleh Carabinieri Italia, sesuai keahlian mereka yang dikembangkan melalui berbagai misi penjaga perdamaian selama beberapa dekade terakhir. Pusat pelatihan ini terutama didedikasikan untuk :

Melakukan program pelatihan;
Mengembangkan doktrin penjaga perdamaian polisi saat ini berdasarkan pengalaman-pengalaman operasional lapangan serta prosedur operasional baru;
Mempromosikan prinsip interoperabilitas;
Menjadi bagian aktif dari “jaringan doktrinal” di seluruh dunia, berinteraksi dengan berbagai Organisasi Internasional, Institut Akademik, dan Pusat Penelitian terkait.
Pada tahun 2010 dalam rangka meningkatkan kerjasama antara CoESPU dan United Nations Department of Peacekeeping Operations (UN DPKO) telah menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan tujuan untuk:

Berkontribusi pada keberhasilan MPP PBB oleh komponen Kepolisian;
Memperkuat kemampuan pasukan PBB untuk membentuk, memelihara dan mempertahankan komponen polisi pada MPP berdasarkan mandate dewan keamananan;
Mendukung pelatihan komprehensif dan penugasan Formed Police Units (FPU) ke MPP PBB, sejalan dengan UN FPU Policy, kurikulum Pre-Deployment Training (PDT) dan Standard Readiness Unit.
14 personel Polri jalani latihan1

Diharapkan dengan MoU ini akan memperkuat komponen Polisi sebagai elemen sentral dalam mewujudkan perdamaian dan keamanan yang berkelanjutan, selain itu CoESPU juga bekerja sama dengan United Nations Department of Operations (UN DPO) melalui Police Division (PD) dan Organisasi Internasional lainnya untuk terus berusaha mewujudkan keberlanjutan pelatihan komprehensif di bidang kepolisian dengan penekanan khusus pada “Self-Sufficiency” negara-negara kontributor Polisi (Police Contributing Country/ PCC).

Secara spesifik, Kursus Command Staff ini disusun untuk kelompok komando FPU dengan jalur pelatihan yang unik, yang berasal dari doktrin PBB yang sesuai, termasuk sesi pendampingan / pelatihan yang akan berlangsung di negara asal peserta pelatihan. Pelatihan ini disediakan untuk para kelompok komando FPU. Setelah Kursus Pelatihan di CoESPU, Tim Mentoring Carabinieri akan ditugaskan untuk memantau perkembangan para peserta setelah menyelesaikan kursus.

Penunjukan para instruktur dari Divhubinter untuk mengikuti Command Course di CoESPU ini dirasakan sangatlah tepat dikarenakan latar belakang mereka yang merupakan para veteran peacekeepers Polri serta telah mengikuti Training of Trainer (ToT) di Pusat Misi Internasional Polri sekaligus telah mengikuti sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sehingga siap untuk diproyeksikan sebagai tim pelatih Pre-Deployement Training FPU 6 MINUSCA Tahun 2024.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar