Bahas Evaluasi Bus Pariwisata dan Pencegahan Insiden

Kompolnas Menghadiri Ratas Bersama Menhub, Korlantas

Kompolnas Menghadiri Ratas Bersama Menhub, Korlantas Red

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang diwakili oleh Irjen Pol (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, M.M., menghadiri rapat terbatas bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Irjen. Pol. Dr. Drs. Aan Suhanan, M.Si. beserta para pakar transportasi untuk mengevaluasi terkait pengembangan terkait keselamatan yang akhir akhir ini melibatkan bus pariwisata untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan.

“Kami sudah sepakat bersama Korlantas Polri, Dinas Perhubungan, dan Organda (Organisasi Angkutan Darat) untuk melakukan pendataan dan evaluasi. Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang memiliki anggota hingga tingkat provinsi juga memberikan dukungan,” kata Menteri Budi Karya Sumadi setelah memimpin rapat terbatas bersama Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri di Kantor Korlantas Polri, Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Menhub Budi Karya Sumadi akan melakukan langkah-langkah yang ditempuh untuk memberikan rasa jera pada pelaku pelanggaran peraturan, khususnya pada angkutan darat yang mengancam keselamatan penumpang. Seperti pada kecelakaan Bus Trans Putera Fajar yang terjadi di Subang, Jawa Barat, pada 11 Mei 2024.

“Tujuannya untuk dilakukan pendataan, evaluasi, dan sosialisasi keselamatan bus pariwisata dan bus umum, termasuk prosedur ramp check,” jelas Budi.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan menuturkan bahwa para pakar memberikan masukan dari rekomendasi terkait upaya meningkatkan keselamatan baik bus umum maupun bus pariwisata. Lebih lanjut penyelidikan kasus kecelakaan bus pariwisata terus dilakukan dengan secara profesional dan penuh kehati-hatian.

“Semua yang terlibat dalam peristiwa kecelakaan lalu lintas seperti di Subang akan kami periksa. Artinya si pengusaha hingga perusahaan karoseri, karena ada indikasi perubahan bentuk dimensi dari deck biasa menjadi high deck, itu juga kemungkinan ada pasalnya serta akan diterapkan di kasus tersebut,” ujar Kakorlantan Aan Suhanan.

Kementerian Perhubungan bersama Korlantas dan stakeholder terkait akan berkolaborasi dari hulu ke hilir untuk kemajuan transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat dengan salah satu contohnya mengembangkan ide uji KIR swasta yang akan dilanjutkan hingga ke tingkat kabupaten/kota. 

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar