Wabup Garut Sampaikan Tiga hal Penting kepada Pemandu Wisata Arung Jeram

Wabup Garut Sampaikan Tiga hal Penting kepada Pemandu Wisata Arung Jeram Dok SPN Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, memberikan sambutan dalam acara Pelatihan Pemandu Wisata Alam Arung Jeram yang dilaksanakan di Cahaya Villa Hotel, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Selasa (28/6/2022). (Foto : Yogi Budiman).

SINARPAGINWS.COM, KAB.GARUT - Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, berharap para pemandu wisata arung jeram yang ada di Kabupaten Garut mempunyai 3 hal yang harus dikuasai yakni keterampilan, ketenangan, dan mampu membangun cerita-cerita positif tentang sungai.

Hal ini disampaikan Wabup Garut, ketika memberikan sambutan sekaligus pengarahan dalam acara Pelatihan Pemandu Wisata Alam Arung Jeram yang dilaksakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut, di Cahaya Villa Hotel, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Selasa (28/6/2022).

"Jangan cerita-cerita seremnya aja ya, cerita serem (misalnya) ieu di leuwi ieu pernah aya nu tenggelam, di leuwi ieu mah pernah aya nu cenah nu mancing aya nu ngadudut (jadi) disebut Leuwi Jurig , (saya harap) coba dibangun cerita- cerita (tentang sungai) yang menarik ya," harapnya.

Selain itu, ia juga berpesan untuk jangan pernah merasa jago saat berenang di sungai maupun di laut, karena menurutnya hal tersebut akan mengurangi kewaspadaan dan kehati-hatian.

"Kalau tidak waspada (dan) tidak hati-hati, itu kadang-kadang kita nanti tidak akan tenang, padahal ketenangan itu adalah hal yang paling utama ketika kita berenang, apalagi di arus (sungai) ya harus tenang, lamun teu tenang bisa berenang oge angger weh ripuh," ucapnya.


Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar