Upacara Seren Taun di Kabupaten Kuningan Digelar

Upacara Seren Taun di Kabupaten Kuningan Digelar Dok

SINARPAGINEWS.COM, KUNINGAN - Upacara Seren Taun merupakan salah satu adat tradisi yang hidup di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, sejak puluhan tahun silam sebagai bentuk ungkapan syukur. 22 rayagung 1955 Saka adalah sebagai bulan terakhir dalam perhitungan kalender Sunda yang dimana ditandai dengan Puncak Upacara Adat Seren Taun di Cigugur, Kabupaten Kuningan. Kemeriahan tradisi Seren Taun kembali terasa tahun ini setelah 2 tahun berlangsung sederhana karena pandemi Covid-19.

Puncak acara adat seren taun yang digelar di halaman Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jumat, (22/7/2022) , menarik perhatian ribuan pasang mata yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada beberapa yang hadir dari mancanegara.

Dari Pantauan Lapangan, masyarakat diajak bersuka cita untuk menikmati pemberian Tuhan dalam bentuk hasil bumi yang telah dipanen. Semua hasil bumi yang diarak dan dihias, disimpan di taman paseban untuk diserbu ribuan warga yang datang menyaksikan puncak acara tersebut.

Terlihat sejumlah tamu penting hadir dalam acara Seren Taun kali ini, di antaranya Ibu Sinta Nuriyah Wahid Istri dari Presiden Indonesia keempat Abdurrahman Wahid. Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum, Ono Surono dan Dedi Mulyadi Anggota DPR RI. Tampak pula hadir Bupati Kuningan Acep Purnama , Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda , Komandan Korem (Danrem) 063/SGJ Sunan Gunung Jati Cirebon Dany Rakca, Kapolres Kuningan Dhany Aryanda, Dandim 0615/Kuningan David Nainggolan, Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin, Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar, Tamu Undangan dari 12 Provinsi, dan Undangan lainnya.

Pada acara Puncak Upacara Adat Seren Taun pada hari ini, para tamu disuguhi dengan berbagai kesenian yang memanjakan mata. Di mulai dengan Paduan Suara Anak Bangsa, Tari Jampang Apsari, Angklung Buncis, Angklung Kanekes, Tari Buyung, Helaran Memeron, Ngajayak dll.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum, menyampaikan bahwa dengan banyaknya budaya di Jawa Barat ini akan mempererat persatuan dan kesatuan.( spn/kuningan)

“ Semakin paham budaya daerah, semakin cinta terhadap daerah. Semakin tau dan juga semakin cinta, oleh karena itu kegiatan seperti ini patut dilestarikan dan juga perlu didorong untuk lebih memasyarakat lagi supaya masyarakat lebih cinta budaya daerah” tutur Uu Ruzhanul Ulum.

Masih dalam kesempatan yang sama Bupati Acep mengatakan “ Gelaran Seren Taun kali ini sangat meriah sekali, mungkin karena 2 tahun yang silam kita tidak bisa melaksanakan gelaran seperti ini karena pandemi covid 19. Tapi tahun sekarang bisa dilaksanakan kembali tapi kita juga melihat di seren taun kali ini banyak hal baru dan inovasi nya termasuk tema yang diusung Merawat, Meruwat, Pusaka Budaya Nusantara mudah mudahan ini mengandung makna kita berharap sekali terbangun nya soliditas persatuan dan kesatuan seluruh nusantara tercinta” Kata Bupati Acep.

Diterangkan Ketua Umum, Panitia Seren Taun Ratu Juwita Djatikusumah, bahwa pada Seren Tahun 2021 kemarin, seren taun berusia genap 1 abad terlaksana di cigugur. Dikatakan Ratu Juwita bahwa tema Seren Taun kali ini adalah “ Merawat, Meruwat, Pusaka Budaya Nusantara”.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar