Kemeriahan Karnaval Budaya Hari Jadi ke 524 Kuningan

Kemeriahan Karnaval Budaya Hari Jadi ke 524 Kuningan Dok

SINARPAGINEWS.COM, KUNINGAN,- Kemeriahan karnaval budaya hari jadi ke 524 Kuningan disaksikan ribuan warga dari seluruh penjuru wilayah tumpah ruah di pusat kota, untuk menyaksikan perhelatan yang mengambil start di halaman Pendopo Kuningan dan berakhir Jalan Veteran itu, pada Minggu (4/9/2022).

Karnaval ini menampilkan berbagai atraksi seni budaya, diikuti 80 rombongan peserta berbusana daerah, serta kostum karnaval unik lainya terdiri dari, forkopimda, SKPD, 5 Eks. Kawedanan, Universitas, Sekolah, LSM dan berbagai organisasi yang ada di Kuningan. Hadir juga sebagai bintang tamu Jember fashion ikut memeriahkan karnaval budaya

Karnaval dibuka langsung Bupati Kuningan Acep Purnama, yang kemudian menjadi rombongan terdepan dalam deretan peserta menuju panggung utama di Taman Kota Kuningan. Turut berjalan kaki bersama Forkopimda dan para pejabat lainnya memeriahkan karnaval menuju panggung kehormatan di titik akhir Taman Kota Kuningan.

Bupati Acep Purnama hadir bersama Wakil Bupati Ridho Suganda, di dampingi istri. Dalam karnaval budaya ini tampil memakai pakaian adat kebesaran khas Pasundan, yang juga sama di kenakan oleh beberapa pejabat teras Pemkab Kuningan. Sehingga suasana terasa di jaman dahulu.

Masyarakat berbondong-bondong datang karena tak mau ketinggalan menyaksikan dan merasakan kemeriahan Karnaval, yang di isi dengan beragam seni khas kebudayaan maupun pakaian adat nusantara, yang dikemas dengan karnaval bertajuk “Merawat Budaya Menuju Kuningan Maju”.

Bupati Acep menuturkan, bahwa karnaval ini menampilkan keanekaragaman seni dan budaya tanah air. Sebab seni dan budaya merupakan salah satu instrumen untuk mengharmoniskan seluruh sendi-sendi kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Bagi bangsa kita, seni dan budaya merupakan salah satu pilar dalam membangun kepribadian bangsa yang berbhineka tunggal ika. Sekaligus memperkuat kearifan lokal sebagai falsafah nilai dalam hidup berbangsa dan bernegara,” katanya.

Ia menambahkan, Karnaval budaya yang menampilkan keanekaragaman seni dan budaya tanah air diharapkan dapat menguatkan kebhinekaan di tanah air. Untuk itu kami menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut serta mensukseskan kegiatan karnaval yang menjadi bagian rangkaian kegiatan Hari Jadi ke 524 Kuningan ini.

lebih lanjut salah satu warga Kertawangunan Agus, menuturkan, kami merasa bangga menjadi warga Kuningan, kali ini di pawai karnaval masyarakat begitu banyak yang menyaksikan langsung, maupun yang menonton melalui live streaming.

Agus berharap, ajang karnaval ini yakin Selain sebagai tontonan maupun hiburan warga masyarakat, juga akan menjadi tuntunan dan ekspresi seni dan budaya Indonesia khususnya yang ada di Kabupaten Kuningan. (spn/kuningan).

Editor: Chairul Ichsan

Bagikan melalui:

Komentar