Gedung Sri Manganti,Bangunan Bersejarah di Kabupaen Sumedang

Gedung Sri Manganti,Bangunan Bersejarah di Kabupaen Sumedang Red Bangunan gedung Sri Manganti yang terletak di Jalan Prabu Geusan Ulun No.40 Sumedang.

SINARPAGINEWS.COM, KAB SUMEDANG - Bangunan gedung  Sri Manganti yang terletak di Jalan Prabu Geusan Ulun No.40 Sumedang. berada di pusat kota Sunedang berdampingan dengan Gedung Negara (kediaman Bipati) pusat kegiatan dari pemerintahan Kabupaten Sumedang, ,bangunan ini merupakan gedung  bersejarah di Kabupaen Sumedang  dan bangunan gedung Sri Manganti bukan Keraton Sumedang Larang dalam sejarah Kerajaan sumedang tidak terdapat.

Bangunan Sri Manganti merupakan bangunan inti yang dulunya dikenal dengan sebutan Sri Manganti artinya tempat menunggu/menanti para tamu yang akan menghadap ke Bupati.

Sri Manganti dibangun pada masa pemerintahan bupati Adipati Tanumaja 1706-1709 sebagai keinginan dan harapan dari Pangeran Panembahan.

Bangunan ini Peninggalan Adipati Tanumaja disempurnakan pada masa Pangeran Suria Kusumah Adinata (Pangeran Sugih) 1836-1882 tepatnya 1850.

Sri Manganti memiliki bangunan khas kolonial dengan tiang-tiang penyangga yang besar serta memiliki kaca-kaca jendela yang besar. Bangunan Sri Manganti mengalami renovasi bangunan pada tahun 1979, 1980, 1981, dan 1982. Bangunan Sri Manganti mendapat rehab berat dan renovasi tanpa mengubah bentuk aslinya.

Tahun 1993 Gedung Sri Manganti mendapat rehab lagi untuk merenovasi bagian kap atas dan selesai tahun 1994.

Bangunan Srimanganti dahulu menjadi tempat tinggal para Bupati Sumedang sampai tahun 1950, sekarang bangunan Sri Manganti tampak berdiri kokoh dan megah sebagai warisan sejarah leluhur Sumedang.

Penulis: Warya Sumirta Manggala,SE.

Sumber : Dari sejarah kab.Sumedang

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar