Pariwisata Indonesia Memecahkan Rekor di FITUR 2024 Melalui Kolaborasi Strategis

Pariwisata Indonesia Memecahkan Rekor di FITUR 2024 Melalui Kolaborasi Strategis Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, SPAYOL - Dalam rangka menyambut keikutsertaan Indonesia pada Feria Internacional de Turismo (FITUR) 2024, KBRI Madrid menggelar jamuan santap malam yang penuh kehangatan. Acara dihadiri oleh lebih dari 50 peserta, termasuk operator perjalanan wisata, pelaku usaha pariwisata, serta personel KBRI Madrid (25/1).

Dalam sambutannya, Duta Besar RI Madrid, Dr. Muhammad Najib, menyoroti pulihnya kepariwisataan global, di mana Indonesia telah menerima 10.409.411 kunjungan wisatawan mancanegara pada periode Januari hingga November 2023. Dari jumlah itu, wisatawan Spanyol berkontribusi sebanyak 98.386 orang. Angka ini memecahkan rekor tertinggi sepanjang sejarah, di mana kunjungan tertinggi wisatawan Spanyol sebelumnya adalah 85.560 orang, yakni pada tahun 2018.

Pejabat Direktorat Eropa I Kementerian Luar Negeri, Sdri. Asri Okina Gunanti, menyampaikan presentasi mengenai potensi pariwisata Indonesia, meliputi kontribusi ekonomi, statistik kunjungan wisatawan, kebijakan nasional, infrastruktur, dan daerah tujuan wisata prioritas super. Acara pun dilanjutkan dengan santap malam khas Indonesia yang mengakhiri acara dengan meriah. Hidangan seperti ayam goreng kremes, ikan teri saus kacang, hingga gado-gado, mendapatkan sambutan positif dari para peserta.

FITUR merupakan pameran pariwisata terpenting untuk pasar Ibero-Amerika. Bersama dengan Mobile World Congress (MWC) yang digelar setiap akhir Februari di Barcelona, FITUR yang diselenggarakan setiap bulan Januari di Madrid merupakan pameran tahunan berskala internasional terbesar di Spanyol dan salah satu yang terbesar di Eropa. Tahun ini, FITUR kembali digelar di IFEMA Madrid, 24-28 Januari 2024.

KBRI Madrid menjalin kolaborasi strategis dengan 10 operator perjalanan wisata dan pelaku usaha pariwisata, termasuk Asia Bespoke Tours, Melia Bali, dan Spanesia Adventure Group. Partisipasi ini, didukung oleh Kemitraan Pemerintah dengan Swasta, melibatkan dukungan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, Antangin, Grab, dan Melia Hotels International.

Partisipasi Indonesia dalam FITUR 2024 bertujuan memanfaatkan pulihnya minat masyarakat Spanyol untuk berwisata ke luar negeri serta mendukung pemulihan sektor pariwisata Indonesia pasca pandemi COVID-19. Momentum terpilihnya Indonesia sebagai anggota Executive Council UNWTO juga menjadi kekuatan tambahan untuk menggandeng perhatian dunia pada destinasi pariwisata Indonesia.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar