Workshop Peningkatan Inovasi Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia di Kota Yogyakarta

Workshop Peningkatan Inovasi Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif  Indonesia di Kota Yogyakarta Affan Safani Adham

SINARPAGINEWS.COM, YOGYAKARTA - Kota Yogyakarta, 20 Juli 2024 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong para pelaku ekonomi kreatif Kota Yogyakarta agar terus berinovasi, dan berkarya serta membangun jejaring dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas. Hal ini disampaikan dalam kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Kreatif Indonesia di Kota Yogyakarta yang merupakan lokasi ke-sebelas dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2024.

Kota Yogyakarta memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar, khususnya pada subsektor aplikasi, kuliner,fesyen, kriya serta film, animasi dan video yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. Namun demikian, diperlukan kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini.

Kemenparekraf/Baparekraf berupaya mendorong kebangkitan ekonomi kreatif salah satunya melalui Penyelenggaraan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia. Kegiatan Workshop KaTa Kreatif Kota Yogyakarta dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Juli 2024 di Ndalem Ngabean Resto Kota Yogyakarta. Adapun peserta yang hadir mengikuti kegiatan Workshop KaTa Kreatif ini adalah para pelaku ekonomi kreatif yang berdomisili di Kota Yogyakarta dengan jumlah peserta sebanyak 150 (seratus lima puluh) orang.

Kegiatan workshop ini merupakan bentuk aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga memiliki nilai tambah dan memberikan penguatan branding dari produk-produknya. Kemenparekraf/Baparekraf terus memberikan penguatan terhadap ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif di Kota Yogyakarta yang terus berkomitmen untuk mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya.

Kegiatan workshop ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno dan turut hadir mendampingi Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Bapak Singgih Raharjo; Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Bapak Wahyu Hendratmoko; Direktur Pengembangan Destinasi I, Ibu Utari Widyastuti dan Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Bapak Agustin Peranginagin. Selain itu, kegiatan workshop diisi oleh 2 (dua) orang narasumber yaitu Ibu Wiendu Nuryanti yang menyampaikan materi Sosialisasi Pendampingan Pengusulan UNESCO Creative Cities Network dan Bapak Saga Iqranegara, Ketua Umum Asosiasi Digital Kreatif (ADITIF).

Dengan terlaksananya Workshop KaTa Kreatif di Kota Yogyakarta ini diharapkan para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat berdaya saing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sekitarnya, serta dapat meningkatkan sinergisitas antar pemangku kepentingan dalam rangka penguatan jejaring diantara para pelaku ekonomi kreatif.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar