FIK UI Gelar Edukasi Kesehatan di Masyarakat

"Manfaat Besar Tidur Berkualitas pada Kemampuan Kognitif Lansia"

"Manfaat Besar Tidur Berkualitas pada Kemampuan Kognitif Lansia"

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA TIMUR - Tim Dosen Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI), menggelar edukasi kesehatan yang berfokus pada manfaat tidur yang cukup untuk menjaga kemampuan kognitif lanjut usia (lansia).

Kemampuan kognitif atau yang dikenal sebagai kemampuan berpikir dan pusat memori merupakan aspek penting, yang akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia.

Kasus penurunan kemampuan kognitif pada lansia biasanya ditandai dengan mudah lupa, penurunan konsentrasi, sulit mengingat waktu dan tempat, atau kesulitan mengucapkan atau menemukan kata yang tepat saat bicara.

Dari berbagai hal yang dapat menyebabkan penurunan aspek kognitif pada lansia, tidur yang berkualitas ternyata mampu menjaga kemampuan kognitif lansia. Hal ini juga telah diteliti oleh tim Dosen dan mahasiswa FIK UI.

Winda Eriska, sebagai penggagas kegiatan dan juga dosen FIK UI yang meneliti tentang fenomena tidur dan dungsi kognitif menjelaskan “Fenomena kualitas tidur yang kurang pada lansia nyata adanya.

Tim peneliti kami mendapati sampel dari wilayah Cakung ini 54% nya mengalami masalah tidur dan 73%nya memiliki gangguan aspek kognitif. Keluhan yang dirasakan pun beragam mulai dari sulit tidur, banyak pikiran, tidur lebih singkat, tidak nyenyak karena penyakit dan lingkungan, terbangun untuk ke toilet, mengantuk di pagi hari”.

Kata Winda, penurunan kualitas tidur berhubungan dengan gangguan regenerasi sel saraf (neuron), penurunan neuron pada beberapa bagian otak yang juga berdampak pada memori. “Padahal, lansia secara alamiah akan mengalami perubahan pada siklus tidurnya dan ini dapat mempengaruhi tidur yang berkualitas.

Lansia perlu mengenali perubahan ini dan melakukan beberapa tindakan penyesuaian agar mampu mempertahankan kualitas tidurnya. Harapannya, ini bisa menjaga kemampuan kognitifnya,” ujarnya. Winda menegaskan, perlu sekali edukasi kesehatan pada lansia karena hal-hal seperti ini kerap dianggap sepele.

Salah satu lansia yang turut hadir, Pak Subagio, menyatakan ”kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh kami ya, dan rasanya ini memotivasi kami”. Pak Subagio merupakan salah satu dari responden penelitian lansia yang mengeluhkan juga adanya penurunan kemampuan mengingat di usianya yang semakin bertambah.

Kegiatan edukasi kesehatan ini diinisiasi dan berkoordinasi dengan Puskesmas Kelurahan Penggilingan 2 dan Perangkat Wilayah Kelurahan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. (Kamis 8/8/2024).

Lebih jauh, Rama Yasi Sirait Amd.Kep., sebagai penanggung jawab program lansia Puskesmas Kelurahan Penggilingan 2 menyambut baik kegiatan ini ”Kegiatan untuk lansia memang telah rutin dilakukan tiap bulan di wilayah melalui Posbindu Lansia. Adanya kerjasama dengan mahasiswa FIK UI ini sangat baik karena tentunya menguatkan agar lansia tetap produktif di usia tuanya”.

Muhammad Yunus sebagai ketua RT.009/RW.002 mengungkapkan harapannya ”agar kegiatan yang baik ini, dan ilmu yang diajarkan kepada lansia di wilayah kami dapat diterapkan dengan baik sehari-harinya agar lansia tetap sehat dan masa tuanya bahagia”.

Tim dari FIK UI menggelar rangkaian edukasi tentang kualitas tidur, kiat menjaga aspek kognitif, serta mengajarkan cara penjadwalan rutin kebiasaan baik yang menunjang tidur efektif di usia lanjut. Kegiatan edukasi ini diintegrasikan dengan kegiatan posbindu lansia yang diawali dengan senam lansia dan skrining kesehatan, serta pemaparan materi penyuluhan oleh Puskesmas.

Masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini terdiri dari kader kesehatan, pengurus RT.009/RW.002 Kelurahan Penggilingan, serta lebih dari dua puluh lansia serta pelaku rawatnya. Sementara tim dari FIK UI melibatkan dosen, mahasiswa reguler dan juga tim Nursing First Aid (NuFA FIK UI).

Keseluruhan rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) dengan tajuk ” Tidur Sehat, Akal Cerdas: Upaya Menjaga Kognitif dan Tidur Berkualitas pada Lansia di Kota Jakarta Timur”. Kegiatan ini terselenggara dengan dukungan dana Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UI, dan dukungan kerja sama mitra Puskesmas dan pemerintah daerah setempat.(*)

 

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar