Berbalut Pakaian Adat Nusantara, Upacara HUT Ke-79 RI di UPS berlangsung khidmat dan Meriah

Berbalut Pakaian Adat Nusantara, Upacara HUT Ke-79 RI di UPS berlangsung khidmat dan Meriah Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Ratusan sivitas akademik Universitas Pancasakti Tegal (UPS) mengikuti rangkain upacara Hari Kemerdekaan ke-79 Indonesia di halaman kampus Kampus 2 UPS Jalan Perintis Kemerdekaan, Panggung Kec Tegal Timur Kota Tegal sabtu (17/8/2024). 


Kegiatan ini berlangsung khidmat dan meriah, seluruh sivitas baik Yayasan, Rektorat, Dekanat, Pascasarjana, Pimpinan Lembaga dan Unit, para dosen, tenaga kependidikan, turut mengenakan pakaian adat nusantara, menambah kesan kerukunan dan keberagaman bhinneka tunggal ika.


Upacara diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi. 


Dalam upacara, Rektor Universitas Pancasakti Tegal Dr Taufiquuloh M.Hum membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. Menteri mengilas balik perjuangan dalam menggelorakan Gerakan Merdeka Belajar. Banyak orang yang sudah berjuang untuk menggelorakan Gerakan Merdeka Belajar selama kurang lebih lima tahun. 


Dalam lima tahun terakhir ini, kita semua telah berjuang dalam gerakan Merdeka Belajar, ini sebuah perjuangan, karena memang jalan yang kita tempuh tidaklah mudah. Dalam lima tahun terakhir, semua pihak telah melakukan perubahan besar dalam banyak hal, mulai dari sistem, cara kerja, sampai pola pikir di bidang pendidikan. Namun, semua tantangan dan kesulitan bisa hadapi bersama hingga menghasilkan buah manis dari perjuangan mengubah sistem pendidikan. 


Saat ini, jutaan lulusan perguruan tinggi juga telah mendapat peluang pekerjaan yang lebih baik karena pengalamannya mengikuti program Kampus Merdeka.Tak hanya itu, komitmen untuk terus berdiri di sisi para guru juga telah terwujud dengan diangkatnya ratusan ribu guru honorer menjadi ASN PPPK. 


Begitu juga dengan Pendidikan Guru Penggerak yang berfokus pada peningkatan kepemimpinan guru kini telah melahirkan ratusan ribu pendidik, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang berani menciptakan perubahan bermakna.


Rektor UPS Dr Taufiqulloh M.Hum menambahkan “Kita sudah berjalan sesuai dengan apa yang disampaikan Menteri salah satunya Implementasi Merdeka belajar. Berbagai tantangan dan kesulitan kita hadapi bersama, dan buah manis dari perjuangan itu juga kita rasakan bersama sekarang berupaian capaian terakreditasi unggul” Ungkapnya.


Baik jajaran Yayasan, Rektorat, Dekanat, Pascasarjana, Pimpinan Lembaga dan Unit, para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, pemerintah, serta stakeholders yang selalu mensuport hingga tegak dan lompatannya UPS di kancah nasional dan internasional.


Upacara ditutup dengan doa bersama dan penyerahan hadiah lomba 17an untuk UPS yang lebih baik di masa depan dan komitmen untuk terus mengembangkan potensi serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa.(hid/fit).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar