Gebyar Hari Jadi Kota Gunungsitoli Berlangsung Meriah

Gebyar Hari Jadi Kota Gunungsitoli Berlangsung Meriah Angelus Larosa

SINARPAGINEWS.COM, GUNUNGSITOLI - Pemerintah Kota Gunungsitoli merayakan Puncak Hari Jadi Kota Gunungsitoli ke-346 Tahun 2024, bertempat di Taman Ya'ahowu Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Sabtu (06/04/2024).

Acara diawali dengan Sidang Paripurna DPRD, dihadiri oleh Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE., M.Si didampingi Unsur Forkopimda, Ketua TP. PKK, beserta seluruh Kepala Perangkat Daerah lingkup Kota Gunungsitoli.

Walikota Gunungsitoli dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagaimana diamanatkan pada Peraturan Daerah Kota Gunungsitoli Nomor 2 Tahun 2021 tentang Hari Jadi Kota Gunungsitoli setiap tahunnya diawali dengan Sidang Paripurna DPRD Kota Gunungsitoli. “Atas nama Pemerintah Daerah, kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada DPRD Kota Gunungsitoli atas penyelenggaraan Sidang Paripurna pada hari ini dalam rangka Hari Jadi Kota Gunungsitoli ke-346 Tahun 2024,” ucap Wali Kota Gunungsitoli.

Hari Jadi Kota Gunungsitoli ke-346 mengusung tema “Gunungsitoli Terus Bertumbuh”. Hal ini menggambarkan harapan kita bersama dalam mewujudkan Kota Gunungsitoli yang terus bertumbuh ke arah yang lebih baik. Melalui tema ini, hendaknya menginspirasi semua pihak untuk bersama-sama mengambil bagian dalam mewujudkan kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Gunungsitoli.

Usai Sidang Paripurna, Wali Kota Gunungsitoli, Ketua DPRD Yanto Ue bersama anggota DPRD Kota lainnya, Unsur Forkopimda beserta seluruh rombongan iring-iringan berangkat menuju Taman Ya’ahowu menggunakan transportasi becak bermotor (betor). Betor yang sudah didandani sedemikian rupa, melewati rute sudah ditentukan sebelumnya mengelilingi Kota Gunungsitoli.

Beragam acara menghiasi puncak Perayaan Hari Jadi Kota Gunungsitoli ke-346 tahun ini, dan disiarkan secara langsung (live streaming). Para hadirin disuguhi beragam atraksi seperti penampilan dari sanggar “Multi Etnis”, sanggar “ Samaeri ” Kota Gunungsitoli, penampilan Juara 1 Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) Jenjang Sekolah Dasar Tahun 2024 Kota Gunungsitoli, penampilan Juara 1 Yel Yel Gemar Makan Ikan.

Walikota Gunungsitoli mengawali sambutannya menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh umat muslim. Lanjutnya, Peringatan Hari Jadi Kota Gunungsitoli ke-346 Tahun 2024 pada hakekatnya merupakan momentum strategis dalam merefleksikan sejenak upaya-upaya yang sudah dilakukan bersama dalam mewujudkan cita-cita luhur pembentukan Kota Gunungsitoli. Kita menyadari sepenuhnya bahwa upaya yang sudah dilakukan sesungguhnya masih jauh dari harapan, namun demikian kita berkeyakinan bahwa arah dan landasan pembangunan yang sudah diletakkan mampu kita lanjutkan bersama dalam mewujudkan daya saing daerah dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Gunungsitoli.

Sambungnya, kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyelenggaran pemerintahan di Kota Gunungsitoli selama ini tidak luput dari berbagai kelemahan dan kekurangan, namun semangat juang kita selaku ono niha sebagaimana tergambarkan dalam peribahasa Nias “aoha noro nilului wahea, aoha noro nilului waoso, alisi tafadaya-daya, hulu tafaewolo-wolo” memilliki makna yang sangat filosofis dalam mengurai berbagai persoalan yang kita hadapi bersama.

“Demikian juga halnya, rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Kota Gunungsitoli harus tercermin dari sikap dan perilaku kita. Hal ini tercermin dari peribahasa kita ono niha, lõ sendroro si tenga sokhõ, lõ sangehao sitenga khõnia,” jelas Laoli.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Gunungsitoli didampingi Forkada, Forkopimda, dan Ketua DPRD Kota Gunungsitoli menyerahkan hadiah kejuaraan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Gunungsitoli, seperti: kejuaraan yel-yel dan puisi, kejuaraan lomba memasak kreasi ikan tawar, kejuaraan FL2SN dan OSN tingkat SD dan SMP, ditambah penyerahan santunan BPJS Ketenagakerjaan, peralatan industri untuk 3 (tiga) orang, bantuan sosial PPKS sebanyak 5 (lima) orang, dan penyerahan Satya lencana secara simbolis kepada 3 (tiga) orang ASN.

Walaupun hari panas terik, prosesi acara terus berlangsung dan berakhir sekira pukul 14.00 Wib. Acara ditutup dengan undian kupon berhadiah (door prize) dengan hadiah utama TV Flat ukuran 43 inch yang disponsori oleh PT. Bank Sumut Cabang Gunungsitoli. (al)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar