Komisi Kepolisian Nasional Hadiri Sertijab Menko Polkam

Komisi Kepolisian Nasional  Hadiri Sertijab Menko Polkam Dok Humas

Komisi Kepolisian Nasional menghadiri undangan dari Kementerian Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Kemenko Polkam) terkait Serah Terima Jabatan dari Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto kepada Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, Kompolnas dalam hal ini dihadiri oleh Ketua Harian Kompolnas, Irjen Pol (Purn) Benny Jozua Mamoto di Ruang Parikesit, Selasa (22/10/24).

Sebelumnya Menko Budi Gunawan telah dilantik oleh Presiden Menko Polkam menggantikan pejabat lama Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 pada Senin (21/10/24).

Menko Budi Gunawan, lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 11 Desember 1959, memulai pendidikannya di SMA 3 Teladan Jakarta dan lulus pada 1979. Ia melanjutkan ke Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) di Semarang, khususnya di bagian kepolisian, dan meraih gelar pada 1983.

Untuk mendalami ilmu kepolisian, dia melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dan lulus pada 1986. Selain itu, dia mengikuti sejumlah pelatihan kepemimpinan, termasuk Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (1998) dan Sekolah Staf dan Perwira Tinggi Polri (Sespati).

Pada 2005, dia menyelesaikan studi di Lembaga Ketahanan Nasional. Budi juga menempuh pendidikan S-2 di Universitas Satya Gama dan meraih gelar doktor di bidang ilmu hukum dari Universitas Trisakti.

Karier Budi di kepolisian mencakup berbagai jabatan strategis, seperti kapolda Jambi, kapolda Bali, wakapolri, dan kalemdiklat Polri. Ia juga pernah menjabat sebagai ajudan wakil presiden dan kemudian ajudan presiden Megawati Soekarnoputri (1999-2004).

Pada 2016, Presiden Joko Widodo menunjuk Budi sebagai kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Di bawah kepemimpinannya, BIN melakukan berbagai inovasi, termasuk pembentukan divisi baru untuk menghadapi ancaman siber, medis, dan biokimia.

Salah satu pencapaiannya adalah mengembangkan Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) menjadi kampus berstandar internasional. Budi juga berperan penting dalam penanganan isu-isu strategis, seperti pandemi Covid-19, konflik di Papua, dan penanggulangan terorisme.

Setelah masa jabatannya di BIN berakhir pada 2024, Budi Gunawan dipercaya oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai menteri koordinator bidang politik dan keamanan. Dalam peran ini, dia diharapkan terus menjaga stabilitas keamanan nasional serta menghadapi tantangan geopolitik.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar

?>