Wamenhan RI M. Herindra, Hadiri HUT Ke-78 Kodam III/Siliwangi

Wamenhan RI M. Herindra, Hadiri HUT Ke-78 Kodam III/Siliwangi Red

SINARPAGINEWS.COM,  BANDUNG  – Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI) M. Herindra menghadiri acara Syukuran Peringatan HUT ke – 78 Kodam III/SLW Tahun 2024 dengan tema “Militan Dalam Pertempuran, Terdepan Dalam Pembangunan”, di Kodam Siliwangi Bandung, Selasa (21/5/2024).

“Sampurasun,” sapa Wamenhan, yang mendapat kehormatan untuk memberikan sambutan mewakili para sesepuh.

“Catatan Siliwangi telah banyak mengukir prestasi. Sejak awal kemerdekaan, Siliwangi sampai hijrah ke Jawa Tengah itu karena bukti loyalitas kepada NKRI. Siliwangi terus menorehkan sejarah dalam pengabdian, baik di medan pertempuran maupun di masa pembangunan,” ujar Wamenhan.

Wamenhan berpesan agar seluruh warga Siliwangi memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. “Kami akan terus mengikuti dan memberikan saran-saran yang positif untuk kemajuan Siliwangi di masa mendatang,” pesan Wamenhan M. Herindra.

Sejarah singkat Komando Daerah Militer III/Siliwangi (Kodam III/SLW) merupakan Komando kewilayahan pertahanan militer yang meliputi provinsi Banten dan Jawa Barat. Tepat ditanggal 20 Mei ketiga divisi disatukan menjadi “Divisi Siliwangi” dan bermarkas di Tasikmalaya. Nama Siliwangi terus dipertahankan, walaupun nama kesatuan berubah menjadi Tentara & Teritorium (T & T) III Siliwangi, pada 24 Juli 1950. Kemudian menjadi Kodam VI/Siliwangi, 24 Oktober 1959 dan menjadi Kodam III/Siliwangi, pada 2 Februari 1985.

Kedatangan Wamenhan M. Herindra disambut dengan tradisi Mapag — atau penyambutan — oleh Pangdam III /SLW Mayjen TNI Mohammad Fadjar.

Sebelumnya, Wamenhan meminta izin kepada Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto untuk menghadiri acara tersebut. Dalam kesempatan itu, Menhan Prabowo menitipkan salam hormat kepada seluruh prajurit Siliwangi. “Menhan sangat memberikan atensi dan penghargaan luar biasa atas apa yang telah dicapai prajurit Siliwangi,” ujar Wamenhan RI.

Wamenhan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas undangan yang diberikan untuk hadir pada acara syukuran Peringatan HUT ke – 78 Kodam III/SLW. Wamenhan merasa bangga menjadi bagian keluarga besar Siliwangi.

Dalam rangkaian HUT Kodam III/SLW ini juga diputarkan sejarah berdirinya Siliwangi, sambutan Pangdam III/SLW, pemotongan tumpeng, sambutan Pj Gubernur Jawa Barat, serta pemberian 10 penghargaan kepada pejabat daerah se-Jawa Barat dan tali kasih kepada 10 orang perwakilan dari veteran, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, warakawuri, purnawirawan dan komcad.

Turut hadir dalam acara Syukuran Peringatan HUT ke – 78 Kodam III/SLW Tahun 2024 adalah Pj Gubernur Jawa Barat, Ketua DPRD Jawa Barat, Forkopimda Provinsi Jawa Barat, Kejati Jawa Barat, Pejabat TNI dan Polri, para Pangdam Siliwangi dari masa ke masa, serta tokoh agama dan masyarakat. 

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar