Mengungkap Pangeran Santri atau Pangeran Kusumah Dinata I

Mengungkap Pangeran Santri atau Pangeran Kusumah Dinata I

SINARPAGINEWS.COM, KAB.SUMEDANG - Pangeran Santri atau Pangeran Kusumah Dinata I merupakan turunan dari ulama, putra dari Pangeran Maulana Muhammad (Pangeran Palakaran), cucu dari Syekh Maulana Abdurrahman (Sunan Panjunan), cicit dari Syekh Datuk Kahfi (Syekh Nurjati).

Sedangkan Syekh Datuk Kahfi sendiri merupakan penyebar agama Islam utama di Cirebon dan juga merupakan leluhur Raja dan Bupati Sumedang di era Islam. Beliau merupakan guru dari Pangeran Walangsungsang dan juga Rara Santang.

Syekh Datuk Kahfi dikenal juga dengan nama Syekh Nurjati atau Syekh Nurul Jati atau dikenal juga dengan nama Syekh Idhofi, merupakan putra Syekh Datuk Ahmad, seorang ulama besar. Syekh Datuk Ahmad merupakan putra dari Maulana Isa yang juga seorang ulama berpengaruh dizamannya. Syekh Datuk Ahmad mempunya adik yang bernama Syekh Datuk Sholeh, ayah dari Syekh Siti Jenar (Abdul Jalil).

Syekh Datuk Kahfi menuntut ilmu di Mekah, kemudian mengajar di Baghdad. Di baghdad ia sempat menikah dengan Syarifah Halimah, putri dari Ali Nurul Alim putra Jamaluddin Akbar Al Husaini dari kamboja, yang merupakan putra dari Shah Jalaluddin putra Amir Abdullah Khanuddin. Jadi Belau menikah dengan saudara secicit.

Dari perkawinannya dengan Syarifah Halimah, Syekh Datuk Kahfi mempunyai 4 orang anak, yaitu:.

. Syekh Abdurrahman bergelar Pangeran Panjunan, merupakan ayah dari Tubagus Angke dan juga Maulana Muhammad, ayah dari Pangeran Santri.
. Syekh Abdurrahim bergelar Pangeran Kajaksan.
. Fatimah bergelar Syarifah Baghdad, yang menikah dengan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.
. Syekh Datul Khafid atau Syekh Datul Kahfi. Panamaan ini kadang membuat rancu dengan sosok ayahnya, Syekh Datuk Kahfi atau Syekh Nurjati

Agama Islam mulai disebarkan di daerah Sumedamg terjadi di era Pangeran Pemelekaran atau Maulana Muhamamd bin Syekh Abdurrahman bin Syekh Datuk Kahfi menikah dengan Nyi Armilah, seorang putri bangsawan Sindangkasih (Majalengka sekarang).

Dari pernikahan ini maka lahirlah seorang putra yang bernama Raden Sholih yang dikemudian hari terkenal dengan nama Pangeran Santri. Pangeran Santri lahir pada tanggal 6 bagian gelap bulan jesta Tahun 1427 saka atau kira kira tanggal 29 mei 1505 M.

Daerah Sindangkasih merupakan salah satu daerah kekuasaan di Sumedang Larang, dimana kelauarga bangsawan Sumedang Larang banyak terdapat disana, terutama keluarga dari suami Ratu Sintawati atau Nyi Mas patuakan, Sunan Corenda. Dengan demikian hal ini memuluskan islamisasi di tanah Sumedang yang relatif lebih damai.

Penulis: Warya Sumirta Manggala

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar

?>