Bappeda Kota Sukabumi : Persentase Angka Kemiskinan di Kota Sukabumi Menurun

Bappeda Kota Sukabumi : Persentase Angka Kemiskinan di Kota Sukabumi Menurun Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, KOTA SUKABUMI- Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Persentase penduduk miskin Tahun 2024, turun menjadi 7,20% dibandingkan tahun 2023 berada di kisaran 7,50% dari total penduduk Kota Sukabumi 364.910 jiwa. Hal itu dikatakan, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Bappeda Kota Sukabumi Asep Supriadi, belum lama ini. 

Lebih lanjut Asep menuturkan, jumlah penduduk miskin di Kota Sukabumi pada tahun 2023 sebanyak 27.368 jiwa, sementara tahun 2024 berada diangka 26.274 jiwa atau berkurang sebanyak 1.094 jiwa.

Pengukuran penduduk miskin yang dilakukan oleh BPS mengacu kepada kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam jangka waktu seminggu terakhir ketika dilakukan survei.

Selain itu, meskipun Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Sukabumi berada di posisi ketiga terendah, namun hal ini tidak berkorelasi dengan angka kemiskinan karena PDRB memiliki indikator dan pengukuran yang berbeda.

Kemudian PDRB tidak ada kaitannya dengan angka kemiskinan, tetapi dipengaruhi oleh jumlah penduduk, luas wilayah serta aktivitas ekonomi yang berpengaruh seperti tambang dan industri.

Kendati demikian, pemerintah daerah terus berupaya untuk menurunkan angka kemiskinan dengan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi (LPE), seperti diketahui pada 2023 LPE Kota Sukabumi berada di 5,12 persen atau menempati peringkat 11 di Jawa Barat.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar

?>