KOMED Jawa Timur, Talk About Parenting Menjadi Guru Yang Baik Bagi Anak

KOMED Jawa Timur, Talk About Parenting Menjadi Guru Yang Baik Bagi Anak Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, MALANG - KOMED atau Komunitas Media Pembelajaran adakan Talk Abaout Parenting. Talkshow interaktif tersebut dihelat pada Sabtu (4/12) secara daring. Topik yang diangkat kali ini adalah “Menjadi Guru Yang Baik Bagi Anak”. Bertindak sebagai pembicara tunggal pada kegiatan parenting kali ini adalah seorang Penggiat dan konselor Pendidikan serta pengelola Pendidikan berbasis wakaf DOMPET DHUAFA Rina Fatimah, M.Si.

Pokok materi yang ingin disampaikan secara garis besar melalui kegiatan ini diantaranya mengenali karakteristik anak melalui warna karakter anak, gaya belajar anak, serta cara memberikan stimulasi kepada anak supaya senang belajar. “Setiap anak memiliki gaya belajar yang unik dan berbeda beda. Jika orang tua dan guru memahami tipe karakter anak maka tipe pendekatan yang paling tepat dapat digunakan untuk memaksimalkan kemampuan belajar kepada anak”.

Selama masa pandemi COVID-19, sekitar 42 juta siswa Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) di Indonesia diharuskan untuk mengikuti pembelajaran sekolah secara daring. Namun, banyak orang tua belum mengetahui cara mengajar yang efektif bagi anaknya ketika harus belajar dari rumah. Survei Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selama pandemi menunjukkan banyak orangtua siswa SD mengalami kebingungan karena minimnya koordinasi dengan guru (31,5% responden) sehingga kesulitan untuk terlibat dan memahami pelajaran anaknya (34,6% responden).

Anak usia TK dan SD memerlukan pendampingan khusus orang tua selama belajar dari rumah. Studi dari Eropa menunjukkan bahwa anak-anak pada level TK dan awal SD khususnya memerlukan metode pendidikan khusus untuk membantu mereka menyerap ilmu serta membangun kemampuan kognitif dan motorik dasar.

Dipenghujung acara salah satu peserta berkata GILA artinya Gali Ilmu Langsung Aksi, komentar lain yang tidak kalah seru datang dari seorang guru yang bersemangat akan memperbaiki pola pengajaran yang selama ini di terapkan kepada peserta didiknya. Bersama KOMED Jatim mari menjadi guru yang merdeka belajar, kreatif, cerdas berdaya guna bagi setiap lini Pendidikan di tanah air.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar