Stand Pameran BPBD : Edukasi Siaga Bencana

Stand Pameran BPBD :  Edukasi Siaga Bencana Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Stand Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal yang berlokasi di lapangan Pemda (depan panggung utama Slawi Ageng Expo 2024) memberikan layanan edukasi siaga bencana. Edukasi dimaksudkan untuk memberikan informasi sedetil mungkin berkenaan dengan kebencanaan dimulai dari pra bencana sampai pasca bencana. 


Kepala Pelaksana BPBD Kab Tegal , Elliya Hidayah melalui petugas stand Wiwit Rian Afiat menjelaskan, informasi pra bencana yang dimaksud adalah menyiapkan rencana untuk penyelamatan diri apabila terjadi bencana. Seperti misalnya melakukan latihan yang dapat bermanfaat dalam menghadapi reruntuhan saat gempa bumi, seperti merunduk, perlindungan terhadap kepala berpegangan ataun dengan bersembunyi di bawah meja. Diharapkan dengan edukasi pra bencana dapat meminimalisir dampak negativ kejadian bencana.


Selanjutnya juga mengedukasi pada saat tanggap darurat bencana , yang meliputi: pengkajian yang tepat terhadap lokasi, kerusakan dan sumber daya. Penyelamatan dan evakuasi masyarakat terkena bencana , pemenuhan kebutuhan dasar seperti air bersih, makanan, pakaian, papan dan lain lain serta perlindungan kelompok rentan . 


Dengan informasi dan edukasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi dengan aktif sejak pra bencana , pada saat tanggap darurat sampai dengan pasca bencana. 


Sementara itu seorang pengunjung stand BPBD, Siti Yulianti dari Desa Dukuhwaru ketika ditemui lokasi pameran Jumat siang (24/5) mengatakan bergembira mendapat informasi sekaligus edukasi tentang kebencanaan. Edukasi tersebut sangat bermanfaat sehingga apabila terjadi bencana di lingkungannya , pihaknya dapat mengambil peran minimal dapat mencegah dan mengurangi resiko akibat bencana serta ikut membantu pada saat tanggap darurat. “Saya senang mendapat edukasi tentang kebencanaan di stand BPBD ini “, kata Siti Yulianti.(hid/kus)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar