Masjid Nuruhasan RW.03 Cicaheum Kec. Kiaracondong Kota Bandung Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Masjid Nuruhasan RW.03  Cicaheum Kec. Kiaracondong Kota Bandung Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Wry Ustadz Ja'far Shodiq Abdullah Joban, lulusan Daarul Ahgof Yaman bersama Ketua (DKM) Masjid Nurul Hasan KH.Ahmad Said Joban (poto wry)

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG - Masjid Nuruhasan RW.03 Kelurahan Cicaheum Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung  Jawa Barat peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis (3/10/2024).

Ustadz Ja'far Shodiq Abdullah Joban, lulusan Daarul Ahgof Yaman dalam ceramahnya menyampaikan tetang suri teladan ahlak mulia Nabi Muhamad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (SAW) yang patut di contoh umatnya.

“Bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (SAW) bukan seorang manusia biasa contoh ludah Nabi bisa menjadi obat, dikisahkan ketika salah seorang sahabat Nabi, Sayyidina Abu Bakar di patuk ular.

Suatu ketika Rasulullah SAW dikejar oleh kaum Quraisy yang berniat membunuhnya. lalu Beliau meninggalkan Kota Makkah Rasulullah dan Abu bakar pun bersembunyi di Gua Tsur di Bukit Tsur.

Alloh mengutus Nabi Muhammad SAW ke bumi ini adalah untuk menyepurnakan ahlak dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan keshalihan akhlak.” (HR. Al-Baihaqi).

Ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yaitu agama Islam, merupakan agama yang sempurna untuk seluruh umat manusia sepanjang masa. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam merupakan Rasul akhir zaman, Rasul terakhir dan penutup para nabi, yang diutus oleh Allah untuk seluruh umat manusia tanpa melihat asal suku dan bangsanya.

Meneladani buat kaum perempuan ibu-ibu, kepada istrinya Nabi selalu memberikan contoh suri teladan, Rosul sering sekali membantu pekerjaan istrinya  itu yang dibangun Beliau Nabi untuk keharmonisan keluarga dalam rumah tangga.

Banyak.lagi contoh yang bisa dibuktikan kecintaan kita.kepada Nabi yaitu dengan memperbanyak bacaan sholawat dimanapun  kita berada dan kapanpun.

Ajarkan kepada anak-anak kita sejarah nabi  perkenalkan  istri, sahabatnya sudah dari kecil, kalo kita biarkan ahlak anak-anak kita di luar sana banyak pengaruh yang bisa menjerumuskan, jaga pergaulan anak jangan sampai terjerumus, karena kelak anak inilah yang akan meneruskan risalah perjuangan nabi dakwah dalam menegakan ajaran islam.

Terkai memperingari maulud nabi Ustadz Ja'far Shodiq Abdullah Joban mengatakan, ini memang bidah hasanah, apa itu bidah hasanah,.? Kata Ustad menjelaskan:
Bid'ah hasanah adalah perkara yang tidak pernah dilakukan oleh Nabi SAW, tetapi ditunjukkan oleh dalil yang umum serta tidak bertentangan dengan dalil yang khusus.

Bid'ah hasanah yaitu bid’ah kebaikan, sebagaimana dicontohkan oleh sahabat nabi dalam pengumpulan Alquran yang dilakukan syaidina Asyidik waktu itu Abu Bakar radhiyallahu 'anhu dan mengusulkan kepadanya untuk mengumpulkan al-Qur'an dan menulisnya karena dikhawatirkan akan hilang dan musnah dikarenakan para penghafal al-Qur'an waktu itu banyak yang gugur.

Bid’ah oleh Umar bin Khottob yaitu sholat Taraweh dilakukan berjama’ah dengan tujuan agar umat islam bisa bersatu.

Bid’ah dilakukan oleh Utsman bin Affan, Khalifah Ketiga Khulafaur Rasyidin yaitu sholat Jumat melakukan dua kali mengumandangkan Adzan degan tujuan jangan sampai umat islam ketinggalan sholat Jum,at dan bergegas segera ke mesjid.

Bid’ah dilakukan Sayyidina Ali bin Abi Thalib membuat harokat dalam Alquran. dengan tujuan untuk mempermudah umat islam membaca Alqur’an.

Ketua (DKM) Masjid Nurul Hasan KH.Ahmad Said Joban yang biasa disapa Abah Joban. menambahkan kesimpulanya memperingati maulid Nabi Muhamad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (SAW) ini adalah kita bisa mencontoh jejak suri teladan dari pada baginda Nabi kita dengan prilaku pada kehidupan kita sehari hari mampu memperbaiki ahlak kita  semakin baik.

"Mari kita makmurkan masjid kita Nuruhasan RW.03 ini dan ajarkan kepada anak-anak kita mengenal risalah yang dibawakan baginda Nabi Muhamad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sejak dini." ajak Abah. (wry)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar

?>