Pemkot Bandung Sabet Penghargaan Digital Transformation Governance Index

Pemkot Bandung Sabet Penghargaan Digital Transformation Governance Index Red

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) berhasil meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Tingkat II Terbaik ke-2.

Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) berhasil meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Tingkat II Terbaik ke-2 untuk Kategori Kota, serta sebagai Pemerintah Kabupaten/Kota Terbaik di Provinsi Jawa Barat pada Gadjah Mada Digital Transformation Governance Index (GM-DTGI) Award 2024. Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Nezar Patria.

Dalam sambutannya, Wamen Kominfo Nezar Patria menyampaikan apresiasi kepada Universitas Gadjah Mada yang telah merilis GM-DGTI. Ia menegaskan bahwa penghargaan ini diharapkan dapat mendorong akselerasi transformasi digital di pemerintahan daerah.“Melalui penghargaan GM-DGTI ini, kita berharap akan semakin banyak praktik baik dalam akselerasi transformasi digital di pemerintah daerah maupun kota dan kabupaten,” ujarnya.

Sekretaris Diskominfo Kota Bandung, Darto, menyatakan bahwa kolaborasi dengan berbagai stakeholder dan pengembangan transformasi digital dalam sistem pemerintahan adalah kunci untuk meningkatkan pelayanan publik.“Intinya, kita harus bisa berkolaborasi dan bertransformasi ke dunia digital agar pelayanan publik menjadi lebih optimal. Dengan demikian, masyarakat dapat terlayani dengan mudah dan kebutuhan publik dapat cepat teratasi dengan transparansi,” tuturnya.

Darto juga berharap penghargaan ini dapat memotivasi Pemkot Bandung untuk terus meningkatkan pelayanan publik berbasis digital demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

GM-DTGI merupakan indeks yang mengukur tingkat kesiapan dan pelaksanaan tata kelola transformasi digital di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Indeks ini diselenggarakan oleh Pusat Kajian Sistem Informasi (PKSI) Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Tujuan utama GM-DTGI adalah menilai tata kelola transformasi digital oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Cakupan GM-DTGI lebih luas dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), mencakup aspek keamanan data, privasi, kebijakan dan regulasi pemerintah, desain sistem, program keterampilan digital masyarakat, serta lembaga-lembaga yang terlibat dalam proses transformasi digital.

GM-DTGI terdiri dari tujuh pilar utama:

1. Tata Kelola Kepemimpinan
2. Peraturan dan Kebijakan
3. Keamanan Siber dan Privasi
4. Reformasi Administrasi Publik dan Perubahan Manajemen
6. Desain Platform Berbasis Pengguna Ekosistem Digital
7. Tata Kelola Data
Dengan penghargaan ini, Pemkot Bandung berkomitmen untuk terus memperkuat dan meningkatkan implementasi transformasi digital dalam pelayanan publik demi kesejahteraan masyarakat.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar

?>