Dihari Batik Nasional, Siswa SD Mutugal Diajarkan Melukis Sketsa Batik Diatas Kertas

Dihari Batik Nasional, Siswa SD Mutugal Diajarkan Melukis Sketsa Batik Diatas Kertas A.Wahidin

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal (SD Mutugal), turut merayakan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2024. Acara ini dimeriahkan dengan kegiatan melukis sketsa batik di kertas, acara diikuti kelas 1-6 yang melibatkan siswa dan guru. Dihari ini pula, para siswa kelas 1-6 kompak mengenakan baju batik.

Kepala Sekolah (Kasek) SD Mutugal Ina Oktaviana, S.Pd.,SD mengatakan, Batik itu merupakan warisan budaya leluhur yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia dan ini warisan yang harus kita lestarikan. Dan perlu diketahui bahwa, dalam pembuatan batik itu sangat lah rumit , membutuhkan banyak peralatan seperti canting, plet dan lain lain.

"Tentunya dalam proses pembuatannya membutuhkan banyak waktu, maka dengan hari batik ini kami mengenalkan konsep sederhana membuat sketsa batik melalui media kertas agar anak anak tahu bahwa baju batik itu dibuat membutuhkan waktu yang sangat lama," Kata Bu Kasek.

Dikatakan olehnya, bahwa disamping itu juga kita melatih bersyukur kepada siswa siswi. Di moment ini, kita patut bersyukur dan bangga

terhadap kebudayaan Indonesia, agar tumbuh rasa cinta budaya sejak dari kecil.(Hid/spn).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar

?>