Apriyanto: Teruslah Berinovasi, Jangan Terhenti

Apriyanto: Teruslah Berinovasi, Jangan Terhenti Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, BREBES- Kreativitas generasi muda Kabupaten Brebes dalam penciptaan inovasi baru, harus terus dikembangkan janan sampai terhenti. Sebab, sekecil apapun karya inovasi sangat dibutuhkan masyarakat untuk mempermudah dan menambah produktivitas manusia dalam menghadapi tantangan masa depan.


Motivasi tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Kabupaten Brebes Drs Apriyanto Sudarmoko MSi mewakili Pj Bupati Brebes saat sambutan penyerahan hadiah pemenang Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Brebes, di Aula Lantai 5 Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes, Selasa (28/5/2024).


Kata Apri, Bapak Ibu guru sebagai pembimbing di masing-masing sekolah untuk lebih diperhatikan pengembangannya lagi. Kalau bisa tidak sebatas hanya pemaparan saja tapi ada pembuktian-pembuktian lain dengan kreativitas atau perubahan yang lebih membawa manfaat untuk masyarakat. 


“Semisal dari SMA N 1 Paguyangan, tidak hanya dengan satu model saja akan tetapi ada penambahan berbagai model atau inovasi lainnya agar menambah nilai tersendiri,” ungkap Apri. 


Tentunya, kata Apri, pemerintah kabupaten juga berharap lomba ini akan semakin banyak inovasi dan kreativitas yang sifatnya tidak monoton dan bukan itu-itu saja. 


Untuk menjaring peserta, akan dilakukan door to door ke sekolah, kampus, OPD dan masyarakat, karena pesertanya menurun hanya 38 peserta. Walaupun menurun dari tahun sebelumnya akan tetapi inovasinya secara kwalitas, penyajian, penyampaian dan kesiapan makin baik. 


Apri juga akan memarken hasil Krenova dalam agenda Kunci Bersama. Pemkab Brebes ada kerjasama antar daerah di wilayah Brebes, Cirebon, Kuningan, Ciamis, Cilacap, dan wilayah lainnya yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dan di tingkat provinsi juga bisa dipamerkan melalui kegiatan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). 


Ketua Panitia Nurul Hidayat menjelaskan, lomba Kreanova digelar sebagai upaya Pemkab Brebes untuk mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat membudayakan kreativitas dan inovatif dalam bidang iptek. Diharapkan, penerapannya tepat guna di masyarakat sehingga muncul produk-produk unggulan yang bisa bersaing dipasaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Kata Yayat, demikian sapaan akrab Nurul Hidyat, minat generasi muda pada Lomba Krenova cukup tinggi setiap tahunnya. Namun, akibat minimnya sosialisi dan kurangnya pemahaman terkait lomba tersebut, untuk tahun 2024 lomba hanya diikuti sebanyak 38 karya dari Kategori Pelajar, Kategori Mahasiswa, OPD dan Umum.


Pemenang lomba, selain mendapat piagam dan uang pembinaan juga akan diikutsertakan dalam lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pemenang juga akan diusulkan Hak Patennya setelah studi kelayakan, agar mendapatkan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI)


Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, pemenang lomba Kreanova 2024 adalah sebagai berikut. 


Untuk Kategori Pelajar, Juara 1 diraih Alfandi Faiz P, Dinda Ayu Aisyah dan Dewi Septiayu dari SMA N 1 Paguyangan dengan judul Masa Depan Interior Ramah Lingkungan berupa Papan Partisi dari Limbah Kardus dan Daun. 


Juara 2 Azizah Bilqis Setiani, Nadia Salsabila Gusta, Maheswari Anindya L.T, dari SMA N 1 Brebes (Pop Up Book Untuk Siswa Tunarungu Mengenal Lapisan Bumi). 


Juara 3 Hanan Tazakka Utomo, Salsabila Ainur Rahma, Nailah Mega Aprillia Wijaya Kusuma dari SMA N 1 Paguyangan (Lecolish) Leaf Charcoal Shoe Polish dalam kajian Semir Sepatu Ramah Lingkungan dari Limbah Daun. 


Untuk harapan 1 Victoria Kerenhapukh Sutanto, Loven Zaneta Az Azahrawani dari SMA N 2 Brebes (Cikung) Cincau Kangkung, dengan kajian Substitusi Pemenuhan Gizi Anak yang Tidak Suka Sayuran. 


Dan harapan 2 Bulan Sari Dewi, Moch. Wais Al Qorni, Rifan Atian Baqo Pelajar MTsN 2 Brebes (Pemanfaatan Kuning Telur Asin Retak dalam Inovasi Pembuatan Kue Eggroll).


Untuk kategori Mahasiswa dan Umum, Juara 1 diraih Soffi Aldi Dwi Harta SPt dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes dengan judul Pemanfaatan Limbah Cangkang Rajungan (MANGAN) sebagai Suplemen Pakan Ternak Guna Meningkatkan Kualitas Dan Produktivitas Ternak. 


Juara 2 Hananta Rindra Yudistira, Muhammad Nur Falah, Hikmatyar Rabbani (Perancangan Alat Vapor Blasting sebagai Pembersih Kotoran Pada Komponen Kendaraan Berbahan Dasar Logam) dari kelurahan Pasar Batang mahasiswa UPS Tegal. 


Juara 3 Fahmi Fuadi, M Yusuf Andriyan, M Ibna Sabiel Al-Aziz, Afriza Tri Wahyuni dan Alya Kharina Adikara Educational (Game Berbasis Nusantara dalam Membentuk Perilaku Moderasi Beragama) Squad Ambasador dari STAI Brebes. 


Sedangkan harapan 1 diraih Dr Muhammad Juwanda SP MP dari Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) dengan Inovasi Kompos Daun Bawang Merah. Dan harapan 2 SIRUP MANGROVE PEDADA (Sonneratia Caseolaris) dengan Inovasi Sirup Mangrove Pedada.


Lanjut Yayat, peserta mendapatkan hadiah total Rp25 juta dengan rincian kategori pelajar, mahasiswa dan umum masing-masing juara 1 sebesar Rp3,5 juta, juara 2 sebesar Rp3 juta, juara 3 sebesar Rp2,5 juta. Harapan 1 Rp1,5 juta dan harapan 2 sebesar Rp1 juta.(Hid/hms)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar