Sunda Mulia Nusantara Jaya

Pertemuan Tokoh Tatar Sunda dalam Penguatan Majelis Musyawarah Sunda

Pertemuan Tokoh Tatar Sunda dalam Penguatan  Majelis Musyawarah Sunda Asep Ruslan Tokoh tatar Sunda dalam pertemuan penguatan Majelis Musyawarah Sunda di Jakarta, Minggu 9 Juni 2024 (Foto: Asep Ruslan/MMS)

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - Pertemuan tokoh-tokoh tatar Sunda yang difasilitasi Dr. (Hc) Ir. Burhanudin Abdullah, untuk mematangkan latar belakang, fungsi strategis Majelis Musyawarah Sunda (MMS) sebagai Gunung Pananggeuhan Sunda (GPS) yang akan dijalankan melalui proses dinamika sosial pertemuan-pertemuan musyawarah membahas masalah masalah,  mengoptimalkan potensi serta peran penting Ki Sunda di sarakannya, bangsa serta negaranya, untuk Sunda Mulia Nusantara Jaya, Minggu (9/6/2024).

Tokoh tatar Sunda dalam pertemuan penguatan Majelis Musyawarah Sunda di Jakarta, Minggu 9 Juni 2024 (Foto: Asep Ruslan/MMS)

Tokoh-tokoh yang hadir pada pertemuan tersebut antara lain : Laksamana (Purn) Dr. Ade Sopandi, SE, M.AP, Mayjen (Purn) Iwan Ridwan Sulanjana, Komjen (Purn) Dr. M.Iriawan (Iwan Bule), Yudi Latif, Ph.D, Prof Dr Yudi Chrisnandy, Mayjen (Purn) Saepudin Aris Saputra, Mayjen (Purn) Tatang Zaenudin, Ir. Dadang Juhro, Prof Dr. M. Slamet, Bunda Hj. Halimah Munawir, Agung Suryamal Sutisno, Asep Zaenal Mustofa, Dr. Nina Kurnia Hikmawati, Rita Rosita Rusman, Andri P Kantaprawira dan lain lain.

Tokoh tatar Sunda dalam pertemuan penguatan Majelis Musyawarah Sunda di Jakarta, Minggu 9 Juni 2024 (Foto: Asep Ruslan/MMS)

Pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut dari hasil  Sawala Mapag Sunda Kahareupna di Graha Sanusi Hardjadinata UNPAD pada Ulang Tahun Provinsi Jawa Barat 19 Agustus 2023, yang Menghasilkan Deklarasi Padjadjaran untuk dibentuknya Majelis Musyawarah, paska berakhirnya Pemilu 2024 melanjutkan agenda dibentuknya Majelis Musyawarah Sunda.

Pada pertemuan yang cukup dialektis tersebut, akhirnya disetujui beberapa penguatan latar belakang filosopis, historis, dan aksiologis berdirinya Majelis Musyawarah Sunda serta penambahan nama-nama untuk dimintakan kesediannya dari sekitar lebih 300 nama yang sudah dimasukan dalam draft.

Tokoh tatar Sunda dalam pertemuan penguatan Majelis Musyawarah Sunda di Jakarta, Minggu 9 Juni 2024 (Foto: Asep Ruslan/MMS)

Prof Dr Yuddy Chrisnandy secara diplomatis mendorong Dr (Hc) Ir. Burhanudin Abdullah  sebagai pini sepuh Sunda yang kali ini bertindak sebagai tuan rumah pertemuan untuk menetapkan usulan waktu deklarasi Majelis Musyawarah Sunda berserta tokoh tokoh yang bersedia bergabung baik sebagai pini sepuh, pakar maupun potensi dewan pekerja.

Berdasarkan hasil rapat tersebut Bapak Burhanudin Abdullah telah menetapkan waktu deklarasi Majelis Musyawarah Sunda pada  Senin, 8 Juli 2024, di Bandung.

Semoga Majelis Musyawarah Sunda dapat segera terwujud dan segera berjalan sesuai dengan mottonya: “Sunda Mulia Nusantara Jaya”.

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar