Pra HANI 2024, Algojo Gowes Bareng BNNP DIY

Pra HANI 2024, Algojo Gowes Bareng BNNP DIY Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, YOGYAKARTA - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY bersama Komunitas Sepeda Antar Lintas Gowes Jogja (ALGOJO) mengadakan kegiatan Gowes Bersinar dengan start dari Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Sabtu (15/6/2024).


Setelah start dari halaman Kalurahan Condongcatur menuju Tugu Jogja selanjutnya melewati Malioboro dan berhenti di Titil Nol Kilometer, lalu dilanjut menuju kantor BNN DIY.


Ketua Panitia Gowes Bersinar, Arief Darmawan, yang juga menjabat Kepala Bidang Pemberantasan dan Intelijen BNNP DIY, menjelaskan, kegiatan bersepeda ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional Tahun 2024. 


Kegiatan dengan tema "Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar" (Bersih Narkoba) ini, BNNP DIY menggandeng Komunitas Antar Lintas Gowes Jogja (ALGOJO), lembaga dan instansi di DIY serta masyarakat umum. Bertujuan untuk mewujudkan visi BNN RI, yaitu Indonesia Drug Free 2024, dengan salah satu misinya untuk meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap ancaman bahaya narkoba, sehat jasmani dan rohani dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045, khususnya di wilayah DIY.


Kepala BNNP DIY, Andi Fairan, S.IK, MSM, menyampaikan, salah satu upaya dalam mencegah peredaran narkoba yang ada di wilayah DIY yaitu melalui kegiatan kampanye P4GN. "Salah satunya melalui olahraga bersepeda," kata Andi Fairan.


Bertujuan untuk memobilisasi dukungan masyarakat luas dan ikut prihatin terhadap para korban penyalahgunaan narkoba serta membangun komitmen bersama untuk terus berupaya melakukan upaya-upaya pencegahan serta pemberantasan terhadap segala bentuk penyalahgunaan serta peredaran narkoba.


Gowes dilaksanakan sebagai bagian kegiatan pra HANI 2024. Puncak acara akan dilaksanakan pada saat upacara peringatan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman pada 26 Juni 2024.


Pembina Algojo sekaligus Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, S.IP, M.IP, menuturkan, kegiatan gowes bareng merupakan salah satu agenda rutin Algojo tiap Sabtu Pon. "Jadwal gowes bareng juga dilaksanakan pada Sabtu Legi, Jumat Pon dan Gowes Reboan," kata Reno.


Ada yang istimewa. Kali ini gowes bareng digabungkan dengan Gowes Bersinar (Bersih Narkoba) yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY. Kegiatan bersepeda dalam rangka menyambut Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2024.


Kegiatan gowes alias bersepeda sudah menjadi semacam ikon bagi Kalurahan Condongcatur. Apalagi setelah Condongcatur dinobatkan sebagai Desa Bersinar oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) RI pada 2018. Kalurahan Condongcatur merupakan Desa Bersinar yang pertama kal di DIY sehingga hingga saat ini terus menjalin kerjasama dengan BNN Kabupaten Sleman dan BNN Provinsi DIY. 


Kerjasama berkait program kalurahan atau Desa Bersinar berupa pelaksanaan berbagai kegiatan, penyuluhan bahaya narkoba, kampanye antinarkoba, perayaan HANI, termasuk juga kegiatan gowes bareng.


Bersepeda adalah olahraga yang digemari masyarakat. Karena itu, Lurah Condongcatur merangkul para penggemar gowes untuk ikut bersama-sama kampanye mengusung tema antinarkoba, memberi pemahaman kepada masyarakat pentingnya hidup sehat tanpa narkoba.


Gowes Bersinar kali ini diikuti mantan Gubernur Jawa Tengah dan Capres 2024 Ganjar Pranowo, yang saat ini menjadi warga Kabupaten Sleman dan rutin mengikuti Gowes Reboan di Pos Pakem. (fan/red)

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar