250 Ketua Majelis Pembimbing Se-kota Tegal Ikuti Kursus Orientasi Kepramukaan

250 Ketua Majelis Pembimbing Se-kota Tegal Ikuti Kursus Orientasi Kepramukaan Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Bertempat di Ruang Adipura komplek balai Kota Tegal ,Kwartir cabang gerakan pramuka Kota Tegal menyelenggarakan Kursus Orientasi Kepramukaan bagi para Kepala Sekolah dari tingkat SD/MI, SMP/MTs,SMA,SMK,MA dan Perguruan tinggi se-koTa Tegal yang dilaksanakan pada Senin 1 Juli 2024


drg. Agus Dwi Sulistyano selaku Sekda Kota Tegal mewakili Pj Wali Kota Tegal dalam sambutannya mengatakan bahwa Kegiatan kursus orientasi ini sangat penting karena ini menjadi titik awal bagi ketua Majelis pembimbing gugus depan yang notabene adalah kepala di satuan pendidikan tertentu untuk mengambil langkah dalam menentukan kebijakan di satuan pendidikan masing-masing.


Bahwa Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrkurikuler yang wajib adanya di satuan pendidikan masih diberlakukan .Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan kepramukaan masih sangat dibutuhkan di sekolah maupun madrasah sebagai wadah pembinaan karakter bagi generasi muda agar memiliki kemandirian dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi terhadap negara kesatuan Republik Indonesia.Beliau juga menyampaikan materi pada kursus orientasi tersebut dengan menyampaikan Kebijakan pemerintah Kota Tegal dalam pembinaan Kepramukaan.


 Adapun maksud dan tujuan dari penyelenggaraan ini menurut pimpinan kursus Kak Mohamad Ali Masruri,S.Ag,M.Pd yakni bermaksud Memberikan bekal kemampuan, agar anggota dewasa Gerakan Pramuka (Majelis Pembimbing Gugus Depan) dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik sebagai unsur pendukung pendidikan generasi muda khususnya Anggota Gerakan Pramuka di Kwartir Cabang Kota Tegal sedangkan Tujuan Meningkatkan kualitas anggota dewasa yang terlibat dalam Kegiatan sehingga dapat menjelaskan bentuk, peran, dan fungsi Gerakan Pramuka, Kepramukaan, dan Pramuka sehingga mempunyai gambaran yang jelas tentang kiprah dan dinamika Gerakan Pramuka dalam pembangunan bangsa Indonesia.


 Materi Yang di sampaikan dikegiatan kursus tersebut antara Fundamental gerakan Pramuka yang di sampaikan oleh Ketua Kwartir Daerah XI Jawa Tengah kak Prof. Dr. Ir. S.Budi Prayitno,MSc, beliau menyampaikan beberapa point penting antara lain Tujuan Gerakan Pramuka,visi dan misi gerakan pramuka,Sistim Among,Karakter pendidikan kepramukaan,Tantangan pendidikan Kepramukaan,Majelis pembimbing dan fungsi mabigus.


Sedangkan materi kedua pemaparan Visi dan misi Kwarcab Kota Tegal oleh ketua Kwarcab Kota Tegal Dr. Muhamad Jumadi ST., MM. Di temui terpisah beliau menyampaikan bahwa tujuan di adakannya kursus orientasi ini unuk mengumpulkan para Mabigus untuk memberikan semangat kepada mereka dan menjadikan momentum untuk bersama-sama berkontribusi di dunia pramuka,sekaligus untuk memahami serta menjalankan roda organisasi di masing-masing gugus depan,Kak jumadi juga berharap kepada para mabigus untuk semangat unuk bisa memainkan peran di gugus depannya.


Selanjutnya Peran Tugas dan Fungsi Anggota Dewasa dalam Gerakan Pramuka (Majelis Pembimbing Gugus Depan Gerakan Pramuka) oleh Drs. Trismanto dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Tegal serta materiterakhir yakni Praktik baik Gerakan Pramuka sebagai pendukung kinerja sekolah oleh Drs. Rismono,Mpd. dari Cabang Dinas pendidikan Wilayah XI Jawa Tengah. 


Kegiatan tersebut di hadiri oleh Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan wilayah IX Jawa Tengah,Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Tegal,Pengawas Pendidikan,wakil Ketua Kwarcab,Pelatih dan andalan Kwarcab Kota Tegal.Kegiatan kursus orientasi berjalan dengan baik dan lancar serta diakhiri dengan foto bersama antara Narasumber dan peserta.(Hid/war).


Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar