Imifest Kemenkumham Kembali Hadir di Tengah Masyarakat Layani 1000 Pemohon Paspor

Imifest Kemenkumham Kembali Hadir di Tengah Masyarakat Layani 1000 Pemohon Paspor Red

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG - Festival Imigrasi atau dikenal dengan Imifest kembali hadir di tengah Masyarakat. Kali ini, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyelenggarakan Imifest di kota Bandung, dengan menggandeng kantor imigrasi (kanim) se-Jawa Barat untuk memberikan pelayanan permohonan paspor kepada 1.000 orang pemohon.

Diselenggarakan di Gedung Sasana Budaya Ganesha ITB, Sabtu (22/06/2024), Imifest hadir memberikan edukasi, dan sosialisasi program, serta kebijakan keimigrasian. Menurut penanggung jawab Humas Imigrasi, Achmad Nur Saleh, Imifest merupakan program edukasi dan sosialisasi kebijakan keimigrasian yang digelar di kota-kota berbeda setiap tahunnya dengan berbagai tema.

"Kali ini, Ditjen Imigrasi mengusung tema 'Cekatan Pastikan Pelesiran Aman', yang menitikberatkan pentingnya kesadaran masyarakat dalam memastikan kebenaran data pemohon paspor dan tujuan keberangkatannya agar aman selama berada di luar negeri,” ujar Achmad di Gedung Sasana Budaya Ganesha ITB, Sabtu (22/06/2024).

Masyarakat kota Bandung dan sekitarnya sudah memadati Gedung Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung sejak pagi untuk mendapatkan layanan paspor serta layanan publik lainnya.

Salah satu pengguna layanan di Imifest 2024 Bandung, Annisa mengatakan bahwa pelayanan paspor di Imifest nyaman, cepat, dan tepat waktu.

“Saya kebagian sesi siang, tadi jam satu siang langsung mulai. Kemarin ketika saya buka aplikasi M-Paspor dan lihat pengumumannya, saya langsung daftar aja. Alhamdulillah masih kebagian kuota untuk daftar bareng Ibu saya.” ujar Annisa.

Pada kegiatan Imifest 2024 terdapat beberapa layanan publik yang disediakan seperti layanan keimigrasian, layanan kekayaan intelektual, layanan administrasi hukum, layanan ktp elektronik, layanan sim keliling, layanan pos Indonesia, dan layanan perbankan.

Selain memberikan layanan publik, Imifest 2024 juga menyelenggarakan dua talkshow untuk Masyarakat umum. Talkshow pertama bertajuk "Paspor Aman Liburan Nyaman” memberikan wawasan seputar bagaimana tahapan permohonan paspor yang benar, apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum keberangkatan ke luar negeri, hingga tips-tips traveling.

Lalu talkshow kedua bertajuk Work and Holiday Visa” di mana membahas persyaratan, kriteria dan tips agar mendapatkan surat rekomendasi dari Ditjen Imigrasi untuk mengajukan permohonan Work and Holiday Visa (WHV) Australia 

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar