Mahasiswa UAD Raih Prestasi di PIMNAS ke-37 Tahun 2024

Mahasiswa UAD Raih Prestasi di PIMNAS ke-37 Tahun 2024 Red

SINARPAGINEWS.COM, YOGYAKARTA - Tim Nalaria dan Tim Bandotan dari UAD Yogyakarta berhasil meraih prestasi dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 yang diselenggarakan di Universitas Airlangga Surabaya pada 14-19 Oktober 2024. Tim Nalaria meraih medali emas dan Tim Bandotan meraih juara favorit dalam Program Kreatif Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE).

Tim PKM Bidang Pengabdian kepada Masyarakat terdiri dari Ketua Aida Calista Uparengga (Prodi Kesehatan Masyarakat) dengan anggota terdiri dari Nanda Puspita Sari, Baiq Najwa Raissa Fitri dan Qorni Syihab Al Fatitzi semuanya dari Prodi Kesehatan Masyarakat dengan dosen pembimbing Oktomi Wijaya, SKM, M.Sc berhasil ciptakan inovasi media edukasi mitigasi bencana melalui Nalaria (Navigasi Belajar Siaga Bencana) bagi anak SD.

Nalaria itu sebuah permainan edukatif yang menggabungkan pembelajaran dan hiburan agar anak-anak bisa memahami kesiapsiagaan bencana dengan cara menyenangkan.

Melalui inovasi Nalaria bisa berperan dalam membentuk generasi muda yang lebih siap dan tanggap terhadap bencana serta mempopulerkan pentingnya kesiapsiagaan sejak usia dini.

Tim Bandotan dibawah bimbingan Haris Setiawan, S.Pd, MSc diketuai Intan Faya Nurazizah (Prodi Biologi) dengan anggota Jelia Enggal Listina, Apriyanti, Dita Rohmatin dan Lubna Basalamah, semuanya dari Prodi Biologi.

Tim yang melibatkan Bimawa dan PKM Center ini berupaya memberikan informasi tentang pentingnya penggunaan pestisida yang sesuai dengan anjuran serta pemakaian alat pelindung diri yang memadai.

Kali ini tim sampaikan cegah cemaran pestisida paraquat: potensi ekstrak Bandotan (aqeratum conyzoides L) untuk menjaga sistem ekskresi dan kesehatan darah.

Menyelidiki efek preventif tanaman Bandotan terhadap dampak buruk pestisida paraquat yang sering digunakan petani Indonesia.
Seperti disampaikan Intan, tantangan terbesar yang dihadapi adalah menjaga kekompakan dan menurunkan ego masing-masing anggota. "Tim Bandotan tidak akan bisa mencapai prestasi jika tidak saling mendukung dan mengerti satu sama lain," kata Intan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Gatot Sugiharto, SH, MH, di Kampus 4 UAD Jl Jenderal Ahmad Yani, Ring Road Selatan, Kragilan, Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Senin (21/10/2024), mengatakan, dua tim UAD kompak meraih penghargaan dalam PIMNAS ke-37 tahun 2024. "Awalnya kami mengajukan 140 judul, tapi yang lolos hanya 40 judul," kata Gatot yang menambahkan dalam ajang PIMNAS ke-37 di Unair Surabaya hanya 2 tim yang lolos.

Melalui 2 tim itu menjadikan UAD sebagai PTS terbaik dalam PIMNAS ke-37 setelah tampil luar biasa dan meraih medali emas serta juara favorit.
Atas capaian 2 tim UAD yang meraih prestasi dalam ajang PIMNAS ke-37, Rektor UAD menyampaikan apresiasinya. "Akan kami wujudkan dengan pemberian penghargaan akademik," kata Prof Dr Muchlas, MT.

Menurut Muchlas, pencapaian mahasiswa UAD itu dapat direkognisi ke matakuliah tertentu atau sebagai tugas akhir. Diharapkan, ke depan akan lebih banyak tim UAD yang berhasil meraih prestasi di ajang PIMNAS. (Fan)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar

?>