Pelantikan Pengurus Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia (IKKESINDO) Periode 2024-2028

Pelantikan Pengurus Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia (IKKESINDO) Periode 2024-2028 Asep Ruslan Pengurus Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia (IKKESINDO) Periode 2024-2028 (Foto: Asep Ruslan/IKKESINDO)

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA - Bertempat di Auditorium Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Jakarta, dilakukan pelantikan pengurus baru Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia (IKKESINDO) Periode 2024-2028 secara luring dan juga dihadiri secara daring oleh para pengurus yang tidak bisa hadir secara luring, termasuk Pengurus Daerah dari seluruh Indonesia, Selasa (18/6/2024).

Prosesi pelantikan Pengurus IKKESINDO Periode 2024-2028 oleh Ketua Umum IKKESINDO (Foto: Asep Ruslan/IKKESINDO)

Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P. MARS, selaku Ketua Umum IKKESINDO melantik pengurus IKKESINDO Periode 2024-2028 berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum IKKESINDO Nomor: 265/SK/IKK/18.07/2024 tanggal 18 Juni 2024 tentang susunan pengurus Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia (IKKESINDO) periode 2024-2028.

“Saya percaya, bahwa saudara-saudara, akan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai tanggungjawab yang dibebankan di atas pundak saudara-saudara,” kata Supriyantoro.

Penandatanganan pakta Integritas Pengurus IKKESINDO Periode 2024-2028 (Foto: Asep Ruslan/IKKESINDO)

Seluruh peserta pelantikan pengurus IKKESINDO, mengikuti prosesi pelantikan, dengan mengikuti naskah ikrar pengurus pusat yang dibacakan oleh Ketua Umum IKKESINDO dengan menandatangi pakta Integritas yang diwakili oleh dr. Daryo Sumitro, Sp.BS dan  Ns Dita Sulistyowati, S.Kep., M.Kep   dan yang selanjutnya diikuti seluruh peserta serta penyematan Pin IKKESINDO yang diwakili oleh Peserta Tertua dan Termuda.

Penyematan Pin Pengurus IKKESINDO Periode 2024-2028 (Foto: Asep Ruslan/IKKESINDO)

Pelantikan diikuti oleh seluruh pengurus, baik pengurus inti maupun bidang-bidang, Lembaga Diklat Profesi (LDP) maupun Kompertemen, baik yang hadir secara langsung (luring) maupun daring.

Pengurus inti yang dilantik, Ketua I drg. Nayddial Roesdal, MSc.PH.FCD; Ketua II dr. Benny Purwanto, MARS; Ketua III Drs. Sulistiono, SKM, M.Sc., Sekretaris Umum Dr. Drs. Nan Mulyana, M.Kes; Sekretaris I Drg. Avy Peramatasari, Sp.KGA, MARS, Sekretris II Dr. Didin Syaefudin, SKp.SH, MARS; Sekretaris III dr. Sari Dewi Rosady, M.Gizi, MM, MH.Kes. Bendahara Umum Widiyas Hidhayanto, S, MBA, CPMA. Bendahara I Yulisar Khiat, SE, MARS dan Bendahara II Dini Aryani Adnan, SE. MSi.

Pelantikan dihadiri secara luring oleh Dewan Penasehat IKKESINDO Prof.dr. Ascobat Gani, MPH, PhD dan drg. Usman Sumantri, M.Sc.; Dewan Pakar Ikkesindo dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes, Prof. Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS, Prof. Dr. Rr. Tuti Sriharyati, SKp, MARS, Prof. Marsudi Wahyu Kisworo,Ir(ITB), PgradDip(Curtin), PhD(Curtin),IPU, Dr. dr. Slamet Riyadi Yuwono, DTM & H, MARS, Dr. Agus Sutarna, S.Kp, MN. Sc.

Hadir pula Dewab Etik dan Disiplin, Prof. Dr. dr. Agus Purwadianto, DFM, SH, M.Si, Sp.F(K), Dr. dr. Sintak Gunawan, MA, . dr. Yudi Amiarno, SpU, MKM, Dr. drg. Harum Sasanti, Sp, Pm, Subs, Non-inf, dr. Kuntjoro Adi Puryanto, MKes.

Ketua Umum IKKESINDO periode 2024-2028 Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P. MARS (Foto: Asep Ruslan/IKKESINDO)

Pada sambutannya, Ketua Umum IKKESINDO menyampaikan bahwa susunan kepengurusan baru tahun 2024-2028 disusun berdasarkan 3 tahapan, yakni: 1) Analisa Masalah, 2) Analasis kebutuhan struktur dan Jobdesk Organisasi; dan 3) pengisian pengurus pusat Tahun 2024.

“Hasil analisis ditemukan 11 masalah yang harus ditindaklanjuti, diantaranya Lisensi KMK Madya dan Utama dari BNSP serta Akreditasi Diklat. Hasil analisis ini menjadi dasar untuk kebutuhan struktur dan Jobdesk Organisasi,” ujar Supriyantoro.

Dewan Penasehat IKKESINDO periode 2024-2028 Prof. dr. Ascobat Gani, MPH, PhD (Foto: Asep Ruslan/IKKESINDO)

Prof. dr. Ascobat Gani, MPH, PhD selaku Dewan Penasehat Ikkesindo, pada kesempatan memberikan pidatonya menyampaikan 3 hal yang harus difahamahi sebagai konsultan.

“Jadi konsultan memahami siapa klien kita (knowing your client); Ketahui diri kita Ikkesindo itu siapa (Jatidiri) Knowing you’re self; Konsultan itu sebagai seni  atau art, How to bright between our and client,” kata Ascobat Gani.

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, Drg. Arianti Anaya, MKM, pada acara Pelantikan tersebut memberikan sambutan, dalam sambutannnya menyampaikan selamat kepada pengurus baru.

“Kepada Pak Dr. dr, Supriyantoro, Sp.P. MARS, selaku Ketua Umum IKKESINDO, yang telah terpilih dan dilantik kembali menjadi Ketua IKKESINDO dan melantik pengurusan Tahun 2024-2028,” ujar Arianti Anaya.

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, Drg. Arianti Anaya, MKM (Foto: Asep Ruslan/IKKESINDO)

Selanjutnya Arianti menyampaikan bahwa konsultan kesehatan sebagai SDM kesehatan penunjang mempunyai peranan yang penting dalam pengembangan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia.

“Mendukung 6 transformasi bidang kesehatan yang saat ini digadang-gadang oleh Menteri Kesehatan, salah satu upayanya memberikan kesehatan pelayanan kesehatan semakin dekat ke daerah,” ungkapnya.

“Tugas kita masih banyak, perlu kerja keras dalam pembangunan kesehatan. Saya berharap IKKESINDO berupaya bergerak maju dibawah kepempinan Pak Ketua dan Pengurus yang baru, berperan aktif dan bertanggungjawab terhadap pembangunan kesehatan Indonesia,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini pula telah dilakukan serah terima pertanggungjawaban kegiatan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan profesi dari Ketua Bidang Diklat Profesi III sebelumnya Sulistiono, SKM, M.Sc. kepada Ketua Lembaga Diklat Profesi Tahun 2024-2028 Ir. Doddy Izwardi, BSc, MA, PhD, yang secara khusus akan menjadi lembaga yang dikelola untuk menjadi lembaga pelatihan terakreditasi.

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar