Memperkuat Pengembangan Perpustakaan di Era Teknologi Informasi

Memperkuat Pengembangan Perpustakaan di Era Teknologi Informasi Affan Safani Adham

SINARPAGINEWS.COM, GUNUNGKIDUL - Seminar Nasional "Kolaborasi dan Kompetisi Memperkuat Pengembangan Perpustakaan di Era Teknologi Informasi" digelar Perpustakaan Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta di Aula Lantai 3 Dispussip Kabupaten Gunungkidul pada 23 Oktober 2024 dan diikuti 95 orang peserta.

Dihadiri Kisworo, S.Pd, M.Pd (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul), Afan Kurniawan, ST, MT (Ketua MPI PWM DIY) dan Irkhamiyati (Ketua Umum FPPTMA sekaligus mewakili UNISA Yogyakarta).

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama dengan Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) Kabupaten Gunungkidul, Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) DIY, Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (FPPTMA) Korwil DIY-Jateng Selatan dan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gunungkidul.

Kegiatan dengan moderator Pustakawan UAD, Gretha Prestisia RK, M.IP, menampilka narasumber Agung Wibawa, SIP (Dispussip Kabupaten Gunungkidul) dengan materi “Transformasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul Melalui Kolaborasi dan Kompetisi di Era Teknologi Informasi”, Abdul Wahid Aziz, S.I.Pust (Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta) yang sampaikan materi “Membangun Jejaring untuk Perpustakaan yang Menginspirasi”.

Hal tersebut diadakan berdasarkan pada pentingnya kolaborasi untuk memajukan perpustakaan, khususunya di lingkungan perpustakaan sekolah Muhammadiyah di Gunungkidul dan perpustakaan sekolah lainnya.

Pada kesempatan itu Dispussip Kabupaten Gunungkidul menawarkan berbagai layanan yang dapat dimanfaatkan oleh perpustakaan sekolah, termasuk di dalamnya layanan mobil keliling, Lajang Cakap (Layanan Antar Jemput Anak Gunungkidul Calon Kader Pemustaka) dan berbagai layanan lainnya.

Di depan peserta yang mewakili perpustakaan sekolah Muhammadiyah baik tingkat dasar, menengah, atas dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Gunungkidul dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama antara Dispussip Kabupaten Gunungkidul dengan PTMA di Yogyakarta: UNISA dan UAD. Penandatangan kerjasama dengan UNISA diwakili Irkhamiyati dan UAD diwakili Nanik Arkiyah, M.IP. Harapannya, akan semakin banyak kerja nyata sebagai realisasi dari naskah kerjasama ini ke depannya.

Selesai seminar dilanjutkan dengan pembentukan tim formatur HIMPUSMA Gunungkidul dipimpin M Erdiansyah, S.IP dari Perpustakaan UMY. Tim formatur sejumlah 15 orang akan menyusun kepengurusan hingga diadakan pelantikan. (Fan)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar

?>